Hati-hati! Bahaya Bronkitis Pada Anak Yang Paling Mengerikan

Bahaya Bronkitis Pada Anak - Pernahkah Anda mendapati seorang anak yang mengalami batuk yang berkepanjangan disertai  dengan keluar dahak kuning atau hijau? Hati-hati bunda bisa jadi itu merupakan salah satu gejala penyakit bronkitis pada anak. Seperti yang telah kita ketahui, anak masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum kuat seperti orang dewasa, sehingga lebih rentan terhadap penyakit. Bakteri atau virus bisa masuk kapan saja kedalam tubuh anak melalui udara yang dihirupnya ataupun makanan yang dimakannya. Hal ini tentunya menjadi perhatian penting bagi orangtua agar selalu waspada dengan setiap perubahan kesehatan maupun fisik yang terjadi pada sang anak. 

bahaya-bronkitis-pada-anak

Apa Itu Penyakit Bronkitis?
Bronkitis merupakan penyakit yang menjangkiti bagian paru-paru yang dapat mengakibatkan gangguan dibagian pernafasan si penderitanya. Bronkitis terjadi pada dinding saluran bronkus (saluran udara yang menghubungkan tenggorokan dengan paru-paru) yang mengalami peradangan. Dinding ini menghasilkan lendir yang berfungsi untuk melindungi organ dan jaringan dalam sistem pernafasan. 

Penyebab Bronkitis Pada Anak
bahaya-bronkitis-pada-anak
Penyebabnya adalah virus, tetapi juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, alergu, dan iritasi dari asap rokok, polusi atau debu. Virus ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui batuk atau bersin. Virus juga dapat menyebar saat anak menyentuh mulut, hidung, atau dari ingus atau cairan pernafasan dari orang yang terinfeksi.  Ketika virus tersebut sudah berdiam dan berkembang biak dalam bronkus, maka saluran udara akan membengkak, meradang dan dipenuhi lendir.

Bronkitis terdiri dari dua jenis yaitu:
  1. Bronkitis akut, merupakan bronkitis yang paling sering diderita anak-anak dan berlangsung dalam waktu singkat (hanya beberapa minggu) namun dapat menyebabkan gejala yang parah. 
  2. Bronkitis kronis, berlangsung dalam waktu yang lebih lama (sampai beberapa bulan atau tahun) dan bisa terjadi dalam kondisi yang ringan sampai berat. Biasanya bronkitis kronis ini lebih sering terjadi pada orang dewasa. Penyebab paling sering dari bronkitis kronis adalah kebiasaan merokok.
Gejala Penyakit Bronkitis Pada Anak Yang Harus Diwaspadai
  • Batuk yang berlangsung selama lima hari atau lebih
  • Batuk disertai dahak berwarna kuning, putih bahkan hijau
  • Nyeri dada pada saat batuk
  • Demam ringan yang akan muncul sekali-kali 
  • Sesak dan sulit bernafas akibat saluran bronkus yang menyempit
  • Nafas yang berbunyi dan mudah merasa lelah
  • Sakit tenggorokan
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Terjadi pembengkakan pada bagian kaki serta tungkai kanan dan kiri
  • Selaput lendir akan berwarna kemerahan
  • Sakit kepala atau pusing
  • Telapak tangan dan wajah akan menjadi kemerahan
  • Mengalami gangguan penglihatan
Setiap anak akan menunjukan gejala yang berbeda dan biasanya dapat berlangsung selama 7 sampai 14 hari atau juga bisa sampai 3 atau 4 minggu. Jangan remehkan jika anak mengalami beberapa gejala diatas, Sebaiknya segera lakukan penanganan medis untuk mengetahui penyebabnya.

Bahaya Bronkitis Pada Anak 
Hati-hati bunda, jika anak sudah menunjukan gejala bronkitis seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, segeralah obati. Jika terus dibiarkan maka akan menyebabkan bronkitis menjadi kronis dan beresiko mengalami komplikasi penyakit pneumonia yang sangat mengancam nyawa. 
Adapun selain pneumonia, beberapa bahaya bronkitis pada anak jika tidak segera diobati diantaranya:
  1. Bronkitis kronik, yang mana berasal dari komplikasi bronkitis akut yang tidak segera di tangani.
  2. Pleuritis dan efusipleura. Kondisi pada umumnya dapat terjadi bersamaan bersama pneumonia.
  3. Otitis media atau sinusitis. Komplikasi dari bronkitis ini sangat rentan terjadi pada anak yang kurang gizi dan memiliki kekebalan tubuh yang rendah.
  4. Peuritis. Kondisi ini pula pada umumnya timbul bersamaan dengan pneumonia.
  5. Mudah terserang infeksi. Pada komplikasi bronkitis kronik, sistem pernapasan mengalami penurunan fungsi sehingga umumnya pasien sering kali terserang infeksi.
  6. Atelektasis atau bronkiektasis, komplikasi ini terjadi apabila dahak tetap tinggal.
  7. Gagal napas. Komplikasi ini adalah komplikasi bronkitis yang paling berat dan juga luas. Sehingga di perlukan pengobatan bronkitis yang lebih dalam lagi.
Untuk menghindari berbagai bahaya bronkitis pada anak serta komplikasinya, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui dan mengenali ciri-ciri penyakit bronkitis dan penyebabnya sejak dini. Dengan begitu, pengobatan bronkitis dapat dilakukan dengan terarah dengan cepat.

Cara Untuk Mencegah Penyakit Bronkitis Pada Anak
Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati. Pada dasarnya semua tindakan pencegahan dapat optimal jika anak tetap memiliki sistem pertahanan tubuh yang baik. Berikut beberapa tips pencegahan diantaranya:
  • Meningkatkan kekebalan tubuh dengan mendapatkan vaksinasi yang tepat
  • Melindungi pernafasan dari paparan polusi udara dan debu
  • Menjauhi orang yang sedang terkena flu
  • Mengatur pola makan dan asupan makanan nutrisi yang tepat
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar
  • Menghindari perokok aktif

Hati-hati! Bahaya Bronkitis Pada Anak Yang Paling Mengerikan