Inilah Manfaat Air Rebusan Bawang Merah Untuk Amandel

Manfaat Air Rebusan Bawang Merah Untuk Amandel - Sudah tidak asing lagi bukan ketika Anda mendengar tentang bawang merah? Bawang merah merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat mudah ditemukan, terutama di Indonesia. Bawang merah sendiri pada umumnya digunakan sebagai bumbu wajib dalam sebuah masakan. Hal tersebut karena bawang merah mempunyai fungsi untuk memperkuat rasa bagi masakan atau pelengkap masakan. Namun ada juga manfaat lain dari si kecil merah ini, diantaranya dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti maag, masuk angin, kencing manis, penurun kolesterol dan gula darah, melancarkan pernafasan., hingga mengobati radang amandel.


Kandungan Gizi Bawang Merah
  • 64 kalori,
  • 15gr karbohidrat
  • 0gr lemak
  • 0gr kolesterol
  • 3gr serat
  • 7gr gula
  • 2gr protein dan 
  • 10% lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B6 dan mangan, kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor, kalium, antioksidan dan sulfur.
Tingginya kandungan gizi pada bawang merah ini menjadikan sangat ampuh dalam mengobati penyakit radang amandel, hal ini karena bawang merah mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan. Bersama dengan sifat anti bakteri didalamnya, bawang merah mampu menghancurkan bakteri yang menjadi penyebab infeksi amandel.

Manfaat Air Rebusan Bawang Merah Untuk Amandel

manfaat-air-rebusan-bawang-merah-untuk-amandel
Radang amandel atau bahasa medisnya sering disebut tonsillitis merupakan suatu kondisi dimana peradangan yang terjadi di dua bantalan jaringan berbentuk oval yang terletak di belakang tenggorokan. Radang amandel disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Dalam beberapa kasus radang amandel dapat menyebabkan sakit menelan, demam, ketidaknyamanan dan rasa sakit yang berlangsung selama 3-4 hari. Namun, jika infeksinya parah butuh waktu lama untuk sembuh.

Hati-hati radang amandel bisa menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera diobati !!!

Tapi, Anda tak perlu khawatir. Jika saat ini Anda mengalami penyakit radang amandel dan ingin mengobatinya, masih banyak alternatif lain yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya dengan menggunakan rebusan bawang merah. Menurut penelitian bahwa khasiat meminum rebusan bawang merah secara rutin dapat membantu mengobati radang amandel kronis dan juga mencegah penyebaran infeksi lebih parah. Selain itu sifat antibakterinya sangat bagus untuk menghancurkan bakteri yang menyebabkan infeksi amandel. Obat yang telah terbukti ini telah dianggap sebagai salah satu obat yang paling efektif, karena dapat mengobati tonsilitis dan juga mencegah penyebaran dan pemburukan. Cara membuatnya pun sangat mudah.

Namun, sebelum membuat ramuan bawang merah untuk mengobati amandel, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pengobatannya lebih efektif, diantaranya:
  • Usahakan konsumsi bawang merah dalam keadaan bersih dan memiliki kulit yang sudah kering. Karena masih ada beberapa penjual yang menjual bawang merah dengan masih berkulit basah. 
  • Memilih bawang merah yang memiliki bau lebih tajam karena ketahanannya juga akan lebih lama daripada bawang merah yang baunya agak manis. Bau tajam pada bawang merah ini mengandung pengawet yang berasal dari senyawa alami bawang merah itu sendiri. 
  • Sebaiknya simpan bawang merah dalam suhu yang jauh dari pengaruh cahaya terang yang langsung dan disimpan pada ruangan yang memiliki ventilasi cukup.
  • Menyimpan bawang merah pada wadah yang non logam. Karena jika menyimpan bawang merah pada wadah yang berasal dari logam, kandungan dalam bawang merah dapat hilang, sehingga dapat menghilangkan rasa dan khasiat ketika dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan.
Cara membuat ramuan bawang merah sebagai cara menghancurkan radang amandel tanpa operasi:

1. Dikunyah
Ambil 1-2 siung bawang merah, kemudian kupas dan bersihkan sehingga tdk ada sisa kulit dan kotoran yang menempel, lalu langsung dikunyah dan ditelan atau dipotong terlebih dahulu. Lakukan kebiasaan ini rutin 2x sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Diminum
  • Siapkan 2-4 siung bawang merah dan air secukupnya.
  • Kupas bawang merah kemudian dipotong menjadi 2 atau 3 bagian.
  • Rebus bawang merah. Cara merebusnya dengan dimasukan kedalam air mendidih, tunggu beberapa saat hingga kandungan dari bawang merah keluar. 
  • Angkat dan saring air rebusan yang sudah menididih kemudian tiriskan
  • Minum air rebusan bawang merah, namun jika tidak suka bisa digunakan dengan cara dikumur-kumur.
Cobalah berkumur dengan sedikit dosis campuran ini. Jika itu menyebabkan ketidaknyamanan lebih, maka jangan teruskan dengan perawatan ini. Jika keadaan sudah tergolong serius, maka disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Lalu, adakah efek samping dari bawang merah ini?
Meskipun tidak sangat serius, makan bawang merah dapat menyebabkan masalah bagi sebagian orang. Karbohidrat dalam bawang dapat menyebabkan gas dan kembung. Menurut penelitian juga jika bawang dikonsumsi dalam keadaan mentah, maka akan dapat membuat mulas pada penderita sakit maag kronis atau refluks lambung.  Mengonsumsi bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan atau alergi terhadap bawang. Menurut beberapa kasus yang telah terjadi orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin memiliki gejala kemerahan, mata gatal dan ruam jika bawang bersentuhan dengan kulit. Orang yang intoleransi pada bawang merah mungkin mengalami gejala mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.

Masih banyak manfaat lain dari si kecil merah ini, selain dapat mengobati radang amandel dengan alami yaitu untuk mengatasi sembelit, mencegah terjadinya kanker, menyehatkan jantung, mengontrol diabetes, mengatasi radang teggorokan, mengobati masuk angin, serta mengobati gangguan urin.

Inilah Manfaat Air Rebusan Bawang Merah Untuk Amandel