Manfaat Serta Fungsi Magnesium untuk Pertumbuhan Anak

Manfaat Magnesium untuk Pertumbuhan Anak - Magnesium merupakan salah satu mineral yang sangat banyak didalam tubuh. Jumlah yang paling banyak berada didalam tulang sebesar 50% dari total magnesium yang ada didalam tubuh, sedangkan sisanya terdapat didalam sel-sel jaringan dan organ. Magnesium sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh, terutama untuk tulang, saraf dan juga otot tubuh. Magnesium juga sangat berguna dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan juga dapat membuat tulang menjadi kuat.

manfaat-magnesium-untuk-pertumbuhan-anak

Lalu bagaimana pentingnya magnesium bagi pertumbuhan anak? Anak membutuhkan nutrisi beragam dan seimbang dalam masa pertumbuhan dan perekembangan mereka agar optimal. Selain nutrisi seperti karbohidrat, lemak, dan protein, anak juga sangat membutuhkan beberapa mineral penting, salah satunya magnesium. Seperti halnya mineral penting lainnya yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh anak, maka manfaat magnesium untuk pertumbuhan anak perlu dicukupi dari asupan makanan yang memiliki kandungan magnesium.

Manfaat Magnesium Untuk Pertumbuhan Anak

  • Membantu Dalam Produksi Energi
Agar anak dapat beraktivitas dan tidak mudah lelah , maka asupan nutrisi penuh gizi merupakan keharusan. Sehingga anak tidak kehabisan energi dan tidak tampak kurus. Makanan yang dikonsumsi anak akan dirubah menjadi energi melalui serangkaian proses metabolisme yang kompleks. Ketidakhadiran zat gizi magnesium dalam tubuh anak, menyebabkan beberapa proses metabolisme untuk menghasilkan energi tidak berlangsung sebagaimana mestinya. Selain itu, magnesium berperan dalam mengontrol gula darah, serta mengatur tekanan darah. Apabila kadar magnesium dalam darah kurang, maka badan anak akan cepat lelah, oleh karena itu perlunya membiasakan anak untuk mengonsumsi bahan makanan yang mengandung magnesium.
  • Menjaga Kekuatan Tulang
Magnesium dalam tubuh dominan tersimpan dalam tulang. Sekitar 50-60% kadar magnesium dalam tubuh membantu pembentukan tulang dan menjaga kekuatan tulang. Tulang anak terus berubah dan berkembang sepanjang usia pertumbuhannya. Maka dari itu mengonsumsi magnesium dapat membantu dalam proses metabolisme tulang dan pembentukan tulang yang baru.
  • Menjaga Keseimbangan Sistem saraf
Sistem saraf manusia bekerja melalui serangkaian reaksi. Semua reaksi tersebut melibatkan peran penting dari magnesium sehingga jika tidak tercukupi bisa beresiko terhadap kerusakan saraf dan meningkatnya depresi.
  • Membantu Proses Penyembuhan
Selain bermanfaat menjaga tulang kuat dan bertenaga, serta menjaga fungsi saraf, manfaat magnesium untuk pertumbuhan anak juga membantu mendukung sistem kekebalan tubuhnya. Sehingga dapat membantu proses penyembuhan anak lebih cepat.

Kandungan unsur magnesium dalam setiap makanan pada dasarnya sangat bergantung pada jenis, ukuran dan produknya. Angka rata-rata kandungan magnesium dalam beberapa jenis makanan yang sebaiknya diberikan pada anak-anak yaitu sebagai berikut: 
manfaat-magnesium-untuk-pertumbuhan-anak
  • ¼ gelas kacang almon sekitar 99 mg
  • ¼ gelas biji bunga matahari sekitar 114 mg
  • ¼ gelas kacang mete sekitar 100 mg
  • ¼ gelas biji labu kuning sekitar 191 mg
  • ¼ biji wijen sekitar 126 mg
  • 1 gelas kacang hitam sekitar 120 mg
  • 1 gelas bayam sekitar 157 mg
  • 1 gelas biji kacang hijau menath sekitar 25 mg
Bagaimana jika seorang anak kelebihan asupan nutrisi magnesium?
Mendapatkan magnesium dari makanan saja tidak mungkin akan dapat menyebabkan kelebihan. Kelebihan magnesium dari dalam bentuk suplemen dapat menyebabkan masalah seperti diare dan kram perut. Dalam dosis yang sangat besar, magnesium bisa menjadi racun. Tingkat asupan magnesium yang bisa ditoleransi dari dalam bentuk suplemen adalah 65 mg per hari untuk anak usia 1 sampai 3 , dan 110 mg per hari untuk anak usia 4 sampai 8 . Itulah jumlah maksimum magnesium yang bisa ditambahkan ke dalam diet normal sehari-hari yang dianggap aman oleh Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine. Sementara Tidak ada kelebihan magnesium dalam tubuh yang  hanya didapatkan dari makanan.

Peran magnesium memang cukup vital dalam proses reaksi kimia dalam tubuh. Oleh karenai itu, sangatlah penting bagi Anda sebagai orang tua untuk tetap menjaga dan memastikan asupan nutrisi anak agar dapat memperoleh manfaat magnesium untuk pertumbuhan anak, sehingga anak Anda dapat tumbuh tinggi dan berkembang dengan sehat tanpa gangguan tumbuh kembangnya.

Manfaat Serta Fungsi Magnesium untuk Pertumbuhan Anak