Cara Mudah & Tepat Mencegah Penyakit Bronkitis

mencegah-penyakit-bronkitis

Mencegah Penyakit Bronkitis - Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati, artinya adalah lebih baik kita menjaga dan merawat tubuh kita sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga harus dilakukan tindakan mengobati. Termasuk penyakit bronkitis, penyakit berbahaya ini bisa dicegah dengan melakukan berbagai pencegahan sederhana. Namun sebelum menjelaskan bagaimana cara mencegah penyakit bronkitis, kita simak dulu mengenai penyakit bronkitis itu sendiri.

Fakta Tentang Penyakit Bronkitis
Ada dua jenis bronkitis, yaitu:
  1. Bronkitis Akut. Biasanya disebabkan oleh virus, virus ini hampir sama dengan virus yang menyebabkan demam atau influenza. Pada bronkitis akut infeksi virus menyebabkan bronkus menghasilkan dahak secara berlebihan dan tubuh berusaha mengeluarkannya dengan batuk
  2. Bronkitis Kronis. Bronkitis akut yang terjadi terus menerus dapat melemahkan bronkus dan terjadilah bronkitis kronis. 
Pada umumnya bronkitis disebabkan oleh kebiasaan merokok. Selain merokok juga bisa disebabkan alergi terhadap udara dingin, polusi udara, atau udara yang mengandung toksin di sekitar tempat tinggal atau tempat kerja.

Ada pula beberapa faktor resiko bronkitis, misalnya daya tahan tubuh yang rendah dan refluks lambung. Daya tahan tubuh yang rendah, misalnya ketika demam atau flu akan membuat sistem imun tubuh melemah. Ini menyebabkan tubuh lebih mudah terserang infeksi virus, salah satunya virus penyebab bronkitis. Sedangkan refluks lambung atau gastric refluks adalah naiknya asam lambung ke tenggorokan yang berulang-ulang. Ini dapat menginfeksi tenggorokan sehingga tubuh menjadi lebih rentan terhadap bronkitis.

Cara Untuk Mencegah Penyakit Bronkitis

  • Melakukan Vaksinasi
Lakukanlah vaksinasi untuk virus influenza setiap tahunnya, karena jika Anda melakukan vaksinasi, resiko terkena penyakit bronkitis akan lebih sedikit dibandingkan orang yang tidak pernah melakukan vaksinasi.
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar
Menjaga kebersihan adalah salah satu cara mencegah penyakit bronkitis yang paling penting. Cara yang paling mudah adalah dengan mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan, dimulai dari hal yang sederhana seperti itu tetapi bisa memberikan manfaat yang besar terhadap diri Anda.
  • Gunakan Masker
Usahakan untuk menggunakan masker saat bepergian kemanapun, atau saat Anda sedang melakukan aktivitas yang ada polusi udaranya, hal ini akan membuat Anda terhindar dari debu, asap dan polusi lainnya. 
  • Hindari Kontak Langsung dengan penderita Bronkitis
Jika ada salah satu kerabat atau teman Anda yang mengalami sakit bronkitis sebaiknya Anda menghindari kontak langsung dengan orang tersebut, karena penyakit ini akan sangat mudah tertular pada siapa saja.
  • Makan makanan yang sehat
Mencegah penyakit bronkitis pun bisa dengan makan makanan yang sehat, hal ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah masuknya virus atau apapun yang bisa menginfeksi tubuh.
  • Jangan Merokok
Merokok adalah salah satu penyebab umum dari penyakit bronkitis. Ketika seseorang merokok, ia menghirup asap tembakau. Asap yang dihirup menyebabkan iritasi pada saluran udara dan memproduksi lendir, yang kemudian mengembangkan bronkitis.

Itulah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit bronkitis. Jika Anda sudah terdiagnosa terkena penyakit bronkitis maka jangan menyepelekannya. Segera tangani secepat mungkin untuk menghindari bahaya komplikasi akibat penyakit bronkitis yang akan beresiko pada kematian. Sangat mengerikan bukan?

Pengobatan bronkitis yang dilakukan, tentunya harus dibarengi dengan hal-hal pendukung lainnya untuk mempercepat proses penyembuhan bronkitis. Salah satunya dengan memperhatikan asupan makanan mana yang harus mereka makan dan mereka hindari. Berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu penyembuhan bronkitis, diantaranya:
  • Buah Apel. Perlu untuk diketahui, buah apel memiliki kandungan yang baik dan dipercaya sangat bagus untuk mengobati penyakit bronkitis. Hal ini karena kandungan antioksidannya yang tinggi.
  • Buah Jeruk. Buah ini kaya akan protein, kalori serta serat yang sangat tinggi. Satu buah jeruk berukuran sedang memenuhi sekitar 72% dari kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.
  • Ikan. Mengandung omega 3 yang mampu menghindari risiko tinggi untuk terkena dampak buruk dari penyakit bronkitis. 
  • Buah Strawberry. Buah ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat membersihkan lendir. 
  • Buah Kiwi. Buah yang satu ini mengandung vitamin c yang mana telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Jambu Biji. Mengandung vitamin A, folat (20%),Flavonoid, lycopene, lutein dan cryptoxanthin, antioksidan,dan Kalium. Selain beberapa kandungan tersebut terdapat juga vitamin C yang mana hampir sama seperti stawberry yang dapat dengan efektif membersihkan lendir di paru paru.

Cara Mudah & Tepat Mencegah Penyakit Bronkitis