Faktor Penyebab Stroke Yang Harus Dihindari

penyebab-stroke

Penyebab Stroke - Perkembangan jumlah penderita penyakit tak menular kini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, salah satunya adalah penyakit stroke. Penyakit yang menyerang sistem pembuluh darah saraf otak ini tergolong penyakit berbahaya dan mematikan serta menjadi penyebab utama kelumpuhan. Penyakit ini juga dapat menyerang tiba-tiba tanpa memberikan gejala atau peringatan. Maka dari itu stroke perlu diwaspadai oleh semua orang. Umumnya penyakit stroke yang serius diawali dengan gejala stroke ringan. Stroke ringan ini terjadi ketika pasokan darah ke area otak terputus. Sehingga menyebabkan kelumpuhan sementara dan sebagian pada tubuh yang terkena.

Penyebab Stroke

Penyebab umum penyakit stroke adalah tergantung pada daerah otak yang diperngaruhi oleh hilangnya suplai darah dan dapat termasuk perubahan sensai atau kontrol motorik tubuh. Penyakit ini juga disebabkan oleh hilangnya sementara aliran darah ke otak, sumsum tulang belakang atau retina pada mata. Penyebab stroke ringan hingga berat di usia muda dan tua hampir sama karena sumbernya memang tidak berbeda. Lalu mengapa orang lanjut usia biasanya akan terkena stroke? Memang usia bisa menjadi faktor khusus yang membuat orang bisa terkena stroke. Namun umumnya stroke terjadi karena kondisi masalah kesehatan atau kondisi tertentu yang membuat tubuh memburuk.

Berikut beberapa faktor utama penyebab stroke, diantaranya:
  • Faktor Umur
Biasanya orang yang memiliki usia yang sudah tua atau lanjut bisa mudah terserang berbagai macam penyakit, termasuk penyakit stroke. Namun hal ini sebenarnya bukan dipengaruhi secara langsung pada usia tersebut, tapi lebih kepada kondisi kesehatan. Beberapa perubahan gaya hidup saat masih muda seperti kebiasaan merokok, konsumsi makanan berlemak berlebihan dan tekanan pekerjaan yang berat menyebabkan resiko stroke menjadi lebih besar. 
  • Faktor Genetik
Faktor genetik adalah faktor keturunan yang disebabkan oleh salah satu anggota keluarga. Hal ini bisa terjadi karena stroke sering dipengaruhi oleh penyakit yang mengikat dalam garis keluarga. Penyakit stroke yang berasal dari riwayat keluarga bisa dikendalikan dengan menerapkan pola dan gaya hidup yang sehat sehingga terhindar dari stroke.
  • Riwayat Penyakit Jantung
Jika sebelumnya Anda telah didiagnosa stroke ringan atau serangan jantung maka resiko untuk terkena stroke lebih tinggi. Hal ini terjadi karena pada saat serangan jantung keadaan jantung tidak mendapatkan oksigen dari darah, dan kemudian resiko yang lebih buruk pun mungkin terjadi.
  • Riwayat Penyakit Darah Tinggi
Orang yang menderita tekanan darah tinggi memang memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena stroke. Hal ini terjadi ketika tekanan darah dalam tubuh menjadi sangat tinggi dan menyebabkan pembuluh darah bekerja lebih keras. Kemudian tekanan darah tinggi akan meningkatkan volume darah menjadi lebih besar. Kondisi ini bisa menyebabkan tekanan berlebihan dan pendarahan dalam otak. Pendarahan inilah yang kemudian menyebabkan stroke.
  • Obesitas atau Kegemukan
Obesitas terjadi ketika berat badan setidaknya lebih dari berat badan normal dan pengukuran tinggi badan. Kondisi obesitas akan meningkatkan beberapa resiko penyakit seperti penyakit jantung. Penyakit jantung akan menyebabkan stroke karena kemampuan jantung dalam memompa darah sudah lemah. Biasanya penyakit stroke untuk obesitas sering ditandai dengan sesak nafas, sulit bernafas dengan baik dan nyeri di bagian dada.
  • Penyakit Diabetes
Diabetes menyebabkan kadar gula daram darah menjadi sangat tinggi dan kemampuan pankreas untuk menghasilkan insulin juga sangat rendah. Terlalu banyak kadar gula dalam darah bisa menyebabkan aliran darah dalam tubuh tidak berjalan dengan baik. Bahkan kemudian kemampuan pembuluh darah juga akan bermasalah dan jantung tidak memompa darah ke semua bagian tubuh termasuk otak. Jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan stroke yang bisa menyerang kapan saja.
  • Penyakit Ginjal
Orang yang menderita penyakit ginjal biasanya akan terkena komplikasi penyakit jantung. Kondisi ini bisa terjadi untuk orang yang terkena penyakit ginjal dan sudah melakukan transplatasi ginjal. Kondisi ini bisa menjadi lebih berat jika penderita juga mengalami komplikasi penyakit lainnya. Ketika organ ginjal bekerja dengan baik maka jantung juga akan bermasalah. Jantung tidak bisa memopa darah dengan baik yang menyebabkan darah tidak mencapai otak. Hal inilah yang menyebabkan stroke terjadi.
  • Pecahnya Pembuluh Darah Di Otak
Pembuluh darah pecah disebabkan karena jaringan otak mengalami kerusakan akibat pendarahan. Gumpalan dan genangan darah pada bagian jaringan otak juga bisa menyebabkan pendarahan yang sangat buruk. Ketika hal ini terjadi makan otak akan mengalami kekurangan oksigen dan menyebabkan kerusakan otak yang sulit diperbaiki. Karena itu penderita stroke akibat pendarahan otak ini bisa mendapatkan jenis cacat yang lebih berat.
  • Faktor Gaya Hidup
Gaya hidup yang tidak sehat juga memainkan peran penting untuk bisa terkena resiko penyakit stroke. Stroke ringan dapat dipicu oleh kebiasaan merokok, makanan berlemak tinggi serta kebiasaan mengonsumsi alkohol.
  • Stress
Tekanan dan pikiran yang sangat berat bisa menyebabkan stroke. Ketika pikiran dan tekanan yang berat terjadi maka jantung tidak bisa bekerja dengan baik. Selain itu, stress juga memicu penyakit tekanan darah tinggi serta perubahan kondisi hormon dalam otak. Darah dalam otak tidak bisa mengalir dengan baik sehingga menyebabkan kerusakan pada bagian sel otak. Hal inilah yang menjadi penyebab stroke bisa terjadi.
  • Kebiasaan Kurang Tidur
Orang yang tidak cukup istirahat atau kurang tidur juga bisa terkena stroke. Ketika tubuh Anda membutuhkan waktu tidur yang cukup namun tidak terpenuhi maka ada gangguan metabolisme tubuh. Kebiasaan ini juga memicu penyakit darah tinggi serta gangguan sistem kerja pembuluh darah. Selain itu juga bagian otak akan dipaksa untuk bekerja lebih keras sementara mungkin pembuluh darah sudah tidak memiliki banyak cadangan makanan, hal inilah yang memicu stroke terjadi.

Bahaya Stroke Menyebabkan Kelumpuhan!
penyebab-stroke
Penderita stroke cenderung akan terus meningkat dan bisa terjadi secara mendadak. Apabila Anda sudah terkena stroke maka resiko kelumpuhan bisa mengancam Anda. Mengapa dapat menyebabkan kelumpuhan? Kondisi stroke tanpa pengobatan yang benar akan memicu kerusakan pada jaringan otak. Hal itu bisa disebabkan oleh kurangnya pasokan darah ke otak yang pada akhirnya akan ditandai dengan kelumpuhan motorik atau sensorik sampai terjadi penurunan kesadaran. 

Pemilihan asupan nutrisi atau makanan pun penting diperhatikan. Ada beberapa jenis makanan yang harus Anda waspadai dan batasi konsumsinya sedini mungkin untuk menghindari resiko penyakit stroke. Diantaranya:
  1. Kerupuk, keripik dan gorengan
  2. Daging olahan
  3. Konsumsi soda
  4. Daging merah
  5. Makanan kaleng dan fast food
  6. Makanan bersantan
  7. Makanan yang mengandung kelapa dan minyak sawit
  8. Mentega dan keju.
Sedangkan makanan yang baik dan disarankan bagi kesehatan adalah makanan yang memiliki kandungan lemak tak jenuh, protein, serta dan vitamin. Kandungan pada makanan tersebut bisa diperoleh pada daging rendah lemak seperti dada ayam, buah, sayur, minyak ikan, minyak zaitun, minyak nabati, dan bunga matahari serta bijibijian. Tidak hanya dari pola makan saja yang harus dirubah kearah yang lebih sehat. Tapi perlu juga ditambah dengan olahraga secara teratur untuk membantu mencegah stroke dan dapat membuat jantung serta sistem peredaran darah bekerja lebih efisien. 

Faktor Penyebab Stroke Yang Harus Dihindari