2/11/18

Buah Buahan Yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

Buah Buahan Yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi - Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air, yang berarti bahwa tubuh tidak menyimpannya. Kita membutuhkan vitamin C untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh bagian tubuh. Vitamin ini akan membantu tubuh membuat kolagen, protein penting yang digunakan untuk membuat kulit, tulang rawan, tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Vitamin C juga diperlukan untuk penyembuhan luka, dan untuk memperbaiki serta menjaga tulang dan gigi.

buah-buahan-yang-mengandung-vitamin-c-paling-tinggi

Saat memikirkan tentang vitamin C, tentu pikiran Anda akan tertuju pada buah jeruk. Sebab selama ini jeruk dianggap sebagai buah yang memiliki sejumlah besar vitamin C didalamnya. Ternyata buah yang mengandung vitamin c paling tinggi adalah buah jambu biji. Kandungan vitamin C dalam jambu biji adalah sebesar 206 mg, lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk yang mengandung vitamin C sebesar 59-83 mg per satu buahnya.

Buah Buahan Yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

  • Jambu Biji
buah-buahan-yang-mengandung-vitamin-c-paling-tinggi
Jambu Biji merupakan buah yang mengandung vitamin C paling tinggi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jambu biji mengandung lebih dari 200mg vitamin dalam satu buahnya, melebihi kandungan vitamin C yang dimiliki jeruk. Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung banyak serat, dan kandungan seratnya juga melebihi kandungan serat yang dimiliki oleh jeruk. Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan serat sebesar 25 gr untuk wanita, sedangkan 38 gr untuk pria.
  • Pepaya
buah-buahan-yang-mengandung-vitamin-c-paling-tinggi
Setengah buah pepaya mengandung kurang lebih 94 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dalam buah jeruk.
Menurut penelitian konsumsi buah pepaya dapat membantu mencerahkan kulit dan memperkuat tulang Anda. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya. Selain vitamin C, pepaya juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin B kompleks, kalium dan kalsium. Karena kandungannya ini, tentu pepaya memberi manfaat bagi tubuh, seperti untuk memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan kulit dan mata serta mengontrol tekanan darah.
  • Jeruk
buah-buahan-yang-mengandung-vitamin-c-paling-tinggi
Buah jeruk mengandung vitamin C sebesar 59-83 mg per buahnya. Meskipun mengandung vitamin C yang kurang tinggi, buah jeruk juga banyak mengandung vitamin lainnya. Sehingga tak jarang buah jeruk dijadikan sebagai buah yang menjadi pilihan ketika imun tubuh melemah, karena dapat berperan sebagai antioksidan dan mampu mengatasi peradangan.
  • Kiwi
buah-buahan-yang-mengandung-vitamin-c-paling-tinggi
Kiwi mengandung vitamin C sebanyak 84 gr/buahnya. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Kandungan antioksidan dari vitamin C nya yang tinggi membuat buah ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh. Buah kiwi juga mengandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Sedangkan mineral yang terkandung dalam buah kiwi adalah kalium, mangan, zat besi dan magnesium. Selain itu buah kiwi juga sebagai sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3.
  • Nanas
buah-buahan-yang-mengandung-vitamin-c-paling-tinggi
Sebesar39-49 gr vitamin C terkandung dalam setengah gelas (125ml) buah nanas. Tidak berbeda jauh dengan kandungan vitamin c dalam buah lainnya. Sealin itu juga nanas terkenal dengan kandungan bromelain yang merupakan enzim pencernaan dan berfungsi membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung, serta juga bertindak sebagai antiperadangan.
  • Mangga
buah-buahan-yang-mengandung-vitamin-c-paling-tinggi
Kandungan vitamin C dalam mangga lebih sedikit jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya, yaitu sebesar 29mg. Sealin kandungan vitamin C nya, mangga juga sebagai sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin E dan kalium. Mangga juga kaya akan serat dan fitonutrien, seperti karotenoid dan folifenol. Senyawa ini terbukti mampu membantu melindungi Anda dari kanker payudara dan kanker usus besar.
  • Stroberi
buah-buahan-yang-mengandung-vitamin-c-paling-tinggi
Setengah gelas (125ml) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit kandungan vitamin C dalam jeruk, tetapi stroberi juga tetap memiliki manfaat banyak bagi tubuh. Selain vitamin C, stroberi juga mengandung antosianin dan asam ellagic. Penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi stroberi dapat membantu mencegah dari penuaan, kanker, peradangan dan penyakit saraf. Buah ini juga mengandung antioksidan tinggi dan vitamin B kompleks.
  • Leci
buah-buahan-yang-mengandung-vitamin-c-paling-tinggi
Buah Leci biasanya banyak ditemukan dalam olahan sirup atau jus. Buah yang berasal dari Chian ini memiliki struktur rasa yang manis dan aroma yang sangat segar. Buah ini juga bisa dikonsumsi langsung tanpa diolah menjadi sirup. Buah leci mengandung vitamin C dengan kadar 132 mg dalam 100gr buah leci.

Nah, sekarangn kamu sudah tahukan? Bahwa sebenarnya buah jeruk yang selama ini kita kenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C ini ternyata bukanlah buah yang mengandung vitamin C terbesar. Bahkan selain buah jeruk pun, juga masih banyak lagi buah yang mengandung vitamin C dan tidak kalah dengan buah jeruk.

Pentingnya Vitamin C Bagi Tubuh
  1. Mengatasi flu. Vitamin C memang tidak secara langsung menyembuhkan orang yang terkena flu, namun konsumsi vitamin C dapat membantu mempercepat penyembuhan dari penyakit flu. 
  2. Sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga memiliki peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus, bakteri dan radikal bebas. 
  3. Antioksidan. Vitamin C sebagai antioksidan selain dapat memperbaiki sel tubuh juga jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas.
  4. Penyakit mata. salah satu penyakit mata yang umum adalah katarak, memenuhi kebutuhan konsumsi vitamin c harian dapat membantu mencegah penyakit katarak.
  5. Kesehatan kulit. Dalam merawat kecantikan, vitamin C ini memiliki peranan penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar. Vitamin ini juga akan merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan.
Gangguan Akibat Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin C secara umum adalah kasus yang sangat jarang terjadi. Efeknya biasanya tampak pada orang yang mengalami mal-nutrisi (kekurangan gizi). Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun, cepat lelah, gangguan kesehatan gigi dan mulut, seperti bibir pecah-pecah, penyakit gusi, gigi mudah lepas, dan gangguan lain yang biasanya disebut panas dalam.

Vitamin C juga mudah dipengaruhi oleh udara, air, dan suhu. Pembekuan, pencairan, penguapan, dan memasak dapat mengakibatkan kehilangan vitamin C secara  signifikan. Agar mendapatkan manfaat maksimal akan asupan vitamin C, Anda bisa memakan makanan sumber vitamin C yang dimasak sedang dan mentah.

Buah Buahan Yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi