2/21/18

Cara Melatih Bicara Orang Stroke Yang Tepat & Mudah

Cara Melatih Bicara Orang Stroke - Pernahkah Anda mendapati seorang penderita stroke yang kesulitan saat berbicara? Memang kesulitan berbicara merupakan salah satu gejala stroke yang sering terjadi pada penderita stroke. Hal ini dikarenakan adanya gangguan otak yang menyerang pusat saraf kemampuan berbicara yang disebut afasia dan disartria. Kerusakan afasia umumnya terjadi pada lebih dari sepertiga orang yang mengalami stroke. Memang banyak yang sembuh setelah beberapa bulan setelah serangan stroke, namun sekitar 60% nya masih memiliki gangguan bahasa yang kronis dan membutuhkan waktu lebih lama untuk memulihkannya.

cara-melatih-bicara-orang-stroke

Bagaimana masalah kesulitan berbicara itu terjadi?
Stroke bersifat individual dan tidak bisa disamaratakan seperti halnya sakit flu atau penyakit lainnya. Sekitar separuh dari pasien stroke akut mula-mula akan mengalami masalah bahasa, termasuk berbicara pelo. Tetapi hanya sekitar 1/3 pasien stroke terus mengalami masalah ini di kemudian hari. Masalah bicara yang menetap palin sering terjadi pada pasien yang mengalami kelumpuhan di sisi kanan tubuh (atau kadang-kadang di sisi kiri dari orang kidal). 

Pasien mungkin tidak memahami pembicaraan orang lain atau mampu mengekspresikan diri mereka dengan jelas secara verbal atau keduanya. Bentuk bentuk lain masalah bicara adalah ketidakmampuan menemukan kata yang tepat, pemakaian kata-kata tanpa arti atau pada kasus yang jarang adalah kata-kata kotor, ketidakmampuan memahami bahasa tulisan dan ketidakmampuan menulis.

Penyebab Penderita Stroke Kesulitan Berbicara
Kesulitan seseorang untuk melakukan pengucapan di sekitar arena bagian wajah, mulut, lidah, dan rahang mengalami kelemahan disebut disartria. Gangguan ini bisa  muncul karena adanya jenis stroke kortikal besar, stroke small white matter, stroke batang otak, dan stroke cerebellar. Stroke jenis ini dapat melemahkan otot-otot yang mengontrol mulut. Biasanya pada penderitanya tetap memiliki kemampuan untuk memahami pembicaraan, membaca, atau menulis, bahkan gangguan ini diperbaiki dengan terapi wicara dan olahraga.

Gejala Stroke Tidak Bisa Bicara
  • Terjadi perubahan wajah menjadi tidak simetri, seperti misalnya wajah sebagian miring dan sebagian lagi tidak.
  • Penderita umumnya sulit mengutarakan maksudnya melalui komunikasi, karena lidah sulit untuk digerakkan sehingga sulit untuk berbicara dan kosakatanya menjadi kurang jelas.
  • Awalnya dapat didahului oleh rasa sakit kepala terus menerus dan sering migrain, yang menandakan bahwa kandungan kolesterol dan lemak dalam darah sedang tinggi.
  • Mengalami kebas dan kesemutan terutama di bagian wajah dan terkadang di sekitar bibir. Pertanda bahwa aliran darah di daerah tersebut kurang lancar.
  • Mimik wajah tidak dapat diperlihatkan dengan jelas karena otot wajah dan fungsi saraf wajah pada otak mengalami gangguan akibat sumbatan pada pembuluh darah.
Cara Melatih Bicara Orang Stroke

Cara melatih bicara orang stroke sudah termasuk dalam bagian rehabilitasi atau pemulihan stroke. Tujuan utamanya adalah mengembalikan keberanian dan kepercayaan diri penderita stroke. Sebelum melatih bicara, kita harus benar-benar mempersiapkan diri bahkan mental agar proses pelatihan bicara kepada penderita stroke maksimal. Kesabaran ekstrak tinggi harus dimiliki bagi kerabat atau pihak keluarga saat melatih bicara orang stroke. Berikut beberapa cara melatih bicara orang stroke:
  • Usahakan penderita stroke merasa berharga dan masih memiliki peranan penting dirumah sekalipun kondisinya sedang sakit. cara melatih bicara stroke ini akan membantu penderita stroke untuk sembuh. 
  • Ajukan pertanyaan ringan. Bila Anda mendapatkan jawaban hanya dengan anggukan atau menggeleng sebagai tanda persetujuan atau tidak, Anda harus tetap meminta dengan baik-baik agar penderita stroke mau mengucapkan beberapa kata atau kalimat.
  • Bila penderita sudah dapat mengucapkan satu kalimat, sebaiknya Anda berpura-pura menerima dan mengerti apa yang diucapkannya. Hal ini akan membuat penderita merasa percaya diri untuk berbicara.
  • Usahakan untuk penderita stroke menelepon seseorang. Anda bisa mengatur rencana agar penerima telepon berpura-pura mengrti apa yang dikatakan oleh penderita stroke.
  • Ajak sesekali menonton televisi dan tanyakan pendapat dia tentang acara film atau berita.
  • coba ceritakan hal-hal lucu saat sedang santai di rumah agar penderita merasa senang dan nyaman karena tidak merasa sendirian.
  • Lakukan jalan-jalan santai ke taman, restoran atau mall seminggu sekali dan tetap ajak bicara tentang apa yang dia lihat dan rasakan
  • Undang sahabat penderita stroke ke rumah, karena berada di tengah-tengah sahabat dapat menjadi motivasi tinggi untuk sembuh dan meningkatkan percaya diri tinggi untuk tetap berbicara.
Cara melatih bicara orang stroke diatas bisa memperoleh hasil yang positif jika dilakukan dengan konsisten ditambah dengan keinginan yang kuat untuk sembuh dari penyakit stroke. Karena seberapa keras tim ahli ataupun keluarga dalam membantu proses pemulihan tidaklah cukup berarti tanpa adanya motivasi dan keinginan yang kuat dari penderita sendiri untuk sembuh dan beraktivitas seperti semula.

Cara Melatih Bicara Orang Stroke Yang Tepat & Mudah