2/14/18

Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Dengan Mudah

Cara Mencegah Penyakit Jantung - Jantung merupakan salah satu organ dalam pada tubuh manusia yang sangat penting. Karena jantung berfungsi sebagai alat untuk memompa darah ke seluruh tubuh agar tubuh bisa mendapatkan oksigen dari semua makanan untuk proses metabolisme dalam tubuh dan tubuh dapat terisi oleh aliran darah secara merata. Mengapa tubuh harus dialiri darah? Hal ini karena setipa sel-sel maupun jaringan tubuh mebutuhkan banyak sekali nutrisi agar dapat hidup. Maka dari itu selain mengandung oksigen, darah yang dipompaka juga mengandung air, nutrisi serta vitamin yang sangat dibutuhkan sel dan jaringan tubuh manusia.

cara-mencegah-penyakit-jantung-jantung

Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang  sangat penting, agar terhindar dari beberapa gangguan masalah kesehatan jantung. Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh No 1 didunia. Biasanya penyakit jantung ini hadir bersamaan dengan jenis penyakit lainnya, seperti tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, diabetes, obesitas hingga serangan jantung. Resiko penyakit jantung khususnya pada wanita akan meningkat setelah menopause, hal ini tentu saja harus dicegah sejak dini.

Apa itu penyakit jantung?
cara-mencegah-penyakit-jantung-jantung
Penyakit-penyakit dapat mempengaruhi bagian manapun dari jantung. Tetapi penyakit yang paling umum adalah penyakit kronis pada arteria koroner yang disebut ateroklerosis. Karena itu penyakit jantung yang umum dikenal dan paling banyak diderita adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini paling sering menyebabkan serangan jantung pada seseorang dan bisa menyebabkan kematian. Penyebabnya adalah penyempitan pembuluh darah koroner, dimana pembuluh ini berfungsi untuk menyediakan darah ke otot jantung. Penyempitan ini disebabkan oleh tumpukan kolesterol atau protein lain yang berasal dari makanan yang masuk dalam tubuh. Penumpukan ini juga menyebabkan pembuluh darah koroner menjadi kaku. Kekakuan ini disebut sebagai aterosklerosis. 

Aterosklerosis dapat terjadi jika terdapat penumpukan plak atau timbunan lemak pada dinding-dinding arteri. Selang beberapa waktu, plak dapat menumpuk, mengeras dan mempersempit arteri, dan menghambat aliran darah ke jantung. Penyakit arteria koroner inilah pada dasarnya menuntun kepada sebagian besar serangan jantung.

Waspada, resiko kematian akibat penyakit jantung !!!

Menurut Data WHO, bahwa saat ini telah menunjukan ada 17,5 juta orang di dunia yang meninggal akibat penyakit jantung. Artinya angka tersebut mencapai 31% dari 56,5 juta kematian diseluruh dunia. Lebih dari 3/4 kematian akibat penyakit ini terjadi di negara berkembang dan berpenghasilan rendah sampai sedang. Jika dilihat berdasarkan kelompol umur, penyakit jantung paling banyak terjadi pada kelompok umur 65-74 tahun (3,6%) diikuti kelompok umur 75 tahun keatas (3,2%), kelompok umur 55-64 tahun (2,1%) dan kelompok umur 35-44 tahun (1,33%).

Gejala Penyakit Jantung
  • Sesak napas.
  • Sakit atau nyeri di bagian dada. Dada terasa tertekan, sempit, dan teremas pada bagian tengah. Rasa sakit ini biasanya sangat parah, tapi ada beberapa orang yang hanya merasakan sakit ringan. Kadang-kadang pada wanita, orang tua, dan penderita diabetes tidak merasakan sakit sama sekali.
  • Rasa sakit pada bagian tubuh lainnya. Mulai dari lengan terutama sebelah kiri, rahang, leher, punggung, dan juga perut.
  • Merasa mual, terjadi gangguan pencernaan, dan sakit perut.
  • Merasa lemah dan mudah pusing.
  • Gelisah atau cemas.
  • Batuk
  • Berkeringat

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Tindakan pencegahan penyakit jantung adalah hal yang sangat penting dilakukan sejak dini, agar Anda terhindar dari beberapa jenis penyakit jantung yang menghantu. Tindakan pencegahan tersebut diantaranya:
  • Menjaga Pola Makan Yang sehat
cara mencegah penyakit jantung yang pertama adalah dengan menghindari makanan yang banyak mengandung lemak atau kolesterol tinggi. Kurangi menyantap makanan yang digoreng, sebaiknya pilih makanan yang diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang. Hindari juga makanan kandungan gula tinggi seperti softdrink. Jaga pola makan tidak berlebihan agar terhindar dari kegemukan, yang akan beresiko lebih besar terkena penyakit ini.
  • Menghindari Stress
Stress memang sulit dihindari. Saat seseorang mengalami stress, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah pembuluh darah pada jantung menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan dihasilkan oleh tubuh pada saat mengalami stres, sehingga dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi naik.
  • Rutin Olahraga Dengan Teratur
Anda bisa melakukan olahraga setiap pagi seperti, jalan santai, jogging, jalan cepat dan lain sebagainya. Dengan berolahraga yang bukan berkompetisi serta tidak terlalu berlebihan akan dapat menjadikan jantung anda menjadi lebih kuat dan dapat melancarkan peredaran darah menuju keseluruh tubuh.
  • Mengkonsumsi Antioksidan
Polusi udara seperti asap kendaraan dan asap rokok dapat menimbulkan radikal bebas yang terjadi didalam tubuh. Radikal bebas bisa mengakibatkan endapan yang bisa mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah. Perlu adanya antioksidan yang dapat berfungsi untuk mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, dan akan membuangnya. Antioksidan tersebut didapat dari beberapa macam buah-buahan dan sayuran yang biasanya dapat dikonsumsi setiap hari.
  • Hindari Kebiasaan Merokok
Dengan menghisap rokok tentu sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka akan lebih baik jika anda menghentikan kebiasaan merokok Anda agar jantung tetap terjaga dan Anda akan mempunyai jantung yang sehat.
  • Banyak Minum Air Putih
Rajin minum air putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Jika Anda mengidap penyakit jantung, Anda perlu menanyakan kepada dokter apakah Anda perlu membatasi jumlah cairan yang Anda dapatkan setiap hari. Perlu diingat, bukan hanya berapa banyak yang Anda minum. Sumber cairan lain juga perlu diperhitungkan, seperti es krim, agar, dan sup. Jika Anda perlu membatasi cairan, timbanglah diri Anda setiap pagi. Peningkatan berat badan yang cepat bisa menjadi pertanda bahwa cairan menumpuk di dalam tubuh Anda.
  • Banyak Makan Buah dan Sayur
Makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan kolesterol serta tekanan darah. Makanan berserat juga membantu anda mengelola berat badan yang sehat. Anda bisa mendapatkan asupan serat dari sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan.A lpukat, apel, pir, dan pisang termasuk kelompok buah-buahan yang tinggi serat. Sementara itu, brokoli, wortel, dan bayam termasuk dalam sayuran yang tinggi kandungan seratnya. Gandum utuh, kacang merah, kacang kedelai, dan beras merah juga termasuk bahan pangan kaya serat. Susu rendah lemak atau bebas lemak juga baik untuk kesehatan.Anda masih boleh makan daging dan seafood, namun pilih daging yang tidak berlemak sebagai sumber protein hewani Anda.

Cara Mengatasi dan Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami
  1. Meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks
  2. Mengkonsumsi sepotong coklat
  3. Banyak mengkonsumsi ikan
  4. Konsumsi teh
  5. Konsumsi buah ceri
  6. Konsumsi makanan jenis kacang-kacangan
Itulah beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah penyakit jantung. Dengan membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat setiap harinya, selain dapat mencegah penyakit jantung, Anda juga bisa mencegah munculnya berbagai penyakit lainnya dalam tubuh ditambah lagi tubuh akan lebih sehat dan lebih bugar. Jaga kesehatan Anda sedini mungkin, sebelum terjadi hal hal yang tidak diinginkan pada diri Anda.

Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Dengan Mudah