2/20/18

Tips Cara Mencegah Stroke Sejak Dini

Cara Mencegah Stroke - Serangan stroke dapat menyerang pada siapa saja yang memiliki riwayat penyakit jantung dan juga tekanan darah tinggi. Saat seseorang terkena stroke ringan tentunya hal tersebut masih bisa diatasi walaupun sebenarnya tetap memberikan kelumpuhan pada organ-organ syaraf. Namun akan sangat berbahaya jika seseorang terserang untuk kedua kalinya maka dapat memberikan serangan dan kelumpuhan total pada bagian tubuh.

cara-mencegah-stroke

Penyakit stroke tidak diketahui kapan datangnya, kadang tiba-tiba dan juga perlahan. Tidak ada yang dapat dilakukan selain terapi jika sudah terkena stroke, maka dari itu lebih baik melaksanakan pencegahan stroke sebelum hal hal yang tidak diinginkan terjadi.

Cara mencegah stroke di usia muda juga penting diketahui, mengingat serangan stroke yang terjadi saat ini banyak mengintai siapa saja termasuk usia muda. Stroke tidak boleh disepelekan sebab stroke bisa menyebabkan kualitas hidup penderitanya menurun. Jika tidak ditangani dengan sigap maka akan mengalami kelumpuhan bahkan hingga kematian. Kematian ini bisa disebabkan oleh penderita stroke akut yang memiliki komplikasi penyakit lainnya. Karena pada umumnya orang yang menderita penyakit stroke akut sering dibarengi dengan penyakit jantung serta kelainan di batang otak yang bisa menghentikan pernafasan mereka.

Cara Mencegah Stroke

cara-mencegah-stroke
  • Menjaga Tekanan darah
Memiliki tekanan darah yang tinggi merupakan faktor resiko terbesar yang memicu serangan stroke. Tekanan darah tinggi yang tidak segera diatasi akan menaikan resiko 2-4 kali lipat terkena stroke. Lakukan aktivitas rutin dan jaga asupan makanan yang memicu tekanan darah tinggi. Jika diperlukan, bisa minum obat tekanan darah tinggi.
  • Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal
Memiliki berat badan diatas normal merupakan salah satu pemicu terjadinya stroke. Hal ini dikarenakan orang yang mengalami kelebihan berat badan memiliki timbunan lemak di dinding pembuluh darah. Akibatnya timbunan lemak itu menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Jagalah berat badan Anda agar tetap ideal sebagai cara mencegah stroke.
  • Menghindari Stress
Banyak orang yang terkena penyakit stroke dikarenakan stress. Tidak heran jika orang yang bekerja di bawah tekanan memiliki tanggung jawab besar rentan terkena penyakit ini. Hal ini dikarenakan pada saat stress otot di kepala menjadi menegang, akibatnya serangan stroke terjadi.
  • Olahraga Rutin dan Teratur
Olahraga bisa digunakan sebagai pencegahan berbagai macam penyakit termasuk menghindari stroke ringan serta digunakan sebagai pola hidup sehat. Senam aerobik juga bisa digunakan sebagai olahraga untuk mencegah stroke, namun melakukannya pun harus rutin selama 30 menit setiap harinya.
  • Berhenti Merokok
Merokok dapat mempercepat pengentalan darah dan meningkatkan jumlah penumpukan plak di pembuluh darah arteri. Selain dengan pengaturan pola makan dan olahraga secara rutin, berhenti merokok juga adalah salah satu perubahan gaya hidup sebagai cara mencegah stroke terjadi.
  • Batasi Konsumsi Alkohol
Jumlah asupan alkohol yang tepat dapat menurunkan resiko stroke. Namun jika berlebihan malah membahayakan dan dapat menyebabkan serangan stroke dan penyakit lainnya. Pilihan alkohol terbaik adalah wine, karena mengandung resveratrol yang diduga dapat melindungi jantung da otak.

Mencegah selalu lebih baik dibandingkan mengobati, lakukanlah pencegahan sebelum terlambat. Tidak hanya membiasakan diri untuk melakukan gaya hidup sehat, menjaga asupan makanan juga penting diperhatikan, terutama untuk pencegahan penyakit stroke. Berikut beberapa makanan pencegah stroke, diantaranya:
  1. Bawang Putih. Khasiat bawang putih sudah terbukti ampuh sejak zaman dahulu untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu bawang putih dipercaya dapat mencegah serangan stroke maupun jantung yang diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah.
  2. Jus Buah. Mayoritas buah biasanya kaya akan vitamin A, B dan C sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Beberapa jenis buah yang bermanfaat antara lain jeruk, apel, strawberry dan anggur. Kandungan vitaminnya juga dapat menjaga kesehatan anggota tubuh manusia seperti kesehatan mata, kesehatan saraf dan metabolisme tubuh.
  3. Kedelai. Semua makanan yang berbahan baku kedelai seperti tahu dan tempe baik untuk mencegah terjadinya stroke. Bahkan susu kedelai juga banyak manfaatnya untuk peredaran darah yang lebih terkontrol.
  4. Sayuran. Sayur kaya akan vitamin, mineral serta serat. Manfaat serat bagi tubuh dapat meningkatkan metabolisme sehingga pencernaan dapat berjalan lancar dan tubuh cenderung menyerap sedikit lemak. Jika tubuh sedikit lemak maka pembuluh darah juga akan bersih dari lemak, sehingga dapat mencegah penyakit pembuluh darah termasuk stroke.
  5. Ikan. Ikan mengandung omega 3 yang tinggi, fungsinya berkaitan dengan kesehatan otak dan dapat mencegah pendarahan di otak. Sehingga jika rajin memakan ikan maka akan menurunkan resiko terkena penyakit stroke.
  6. Oatmeal. Sangat ampuh untuk kesehatan darah dan jantung. Nutrisinya berguna untuk menyerap kolesterol tinggi, sehingga dapat berguna untuk mencegah penyakit stroke.
Itulah beberapa makanan pencegah stroke. Dengan rajin mengonsumsi makanan tersebut maka peredaran darah pada sistem pembuluh darah tentunya akan berjalan lancar. Sehingga serangan penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung dapat dihindari.

Tips Cara Mencegah Stroke Sejak Dini