2/16/18

Waspada! Beberapa Tanda atau Ciri Ciri Jantung Tidak Sehat

Ciri Ciri Jantung Tidak Sehat - Tubuh manusia memiliki banyak organ yang berperan penting untuk kelangsungan hidupnya, salah satunya  adalah organ jantung. Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital peranannya. Mengapa demikian? Seperti yang telah kita ketahui, jika dalam beberapa menit jantung tidak berdenyut ditambah sirkulasi darah yang berhenti maka kita semua bisa dinyatakan meninggal. Maka dari itu, mengingat akan pentingnya peranan jantung ini, kita seharusnya bisa menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah agar bekerja dengan baik dan tidak menimbulkan masalah kesehatan tertentu.

ciri-ciri-jantung-tidak-sehat

Jantung merupakan pusat mesin transportasi darah yang membawa zat-zat penting bagi tubuh kita baik itu untuk pertumbuhan maupun untuk pertahanan. Maka dari itu, kita wajib mengetahui bagaimana ciri ciri jantung tidak sehat agar dapat mengantisipasi kemungkinan terburuk dalam masalah jantung yang dapat mengakibatkan kematian. Tahukah Anda? Jenis-jenis penyakit jantung cukup banyak dan semuanya itu beresiko mengancam jiwa Anda. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa terkena penyakit jantung, tetapi anak yang masih dalam proses pertumbuhan pun bisa terkena penyakit jantung.

Penyakit jantung disebabkan oleh banyak faktor diantaranya gaya hidup yang tidak sehat, kurang olahraga, stress, serta cara diet yang tidak sesuai akan semakin meningkatkan resiko orang terkena serangan jantung. Ada berbagai macam ciri-ciri yang bisa dilihat jika seseorang terkena penyakit jantung. Sebelum saat penyakit ini betul-betul bersarang pada tubuh, sebaiknya Anda mulai hidup yang sehat dan berpindah pada makanan yang bersahabat dengan jantung.

Ciri Ciri Jantung Tidak Sehat atau Bermasalah

  • Nafas pendek atau sesak nafa
Saat beraktivitas ataupun ketika sedang asyik beristirahat, penderita jantung lemah umumnya memiliki nafas yang pendek. Tak hanya itu, beberapa penderita pun kerap mendapati dirinya sesak nafas jika melakukan pekerjaan terlalu berat. Hal ini disebabkan oleh lemahnya kontraksi jantung sehingga membuat darah kurang terpompa dengan baik dan akhirnya banyak darah yang menyesaki paru-paru.
  • Mendengkur ketika tidur
Mendengkur saat tidur merupakan salah satu indikasi dari keberadaan jantung Anda tidak sehat. Dalam keadaan tidur, mungkin Anda tidak akan mengetahui apakah mendengkur atau tidak? Namun Anda bisa tanyakan pada keluarga atau kerabat Anda yang pernah tidur bersamaan untuk memastikan keadaan ini.
  • Sering batuk
Jika Anda sering mengalami batuk yang berkepanjangan dan tak kunjung sembuh, kemungkinan itu bukanlah penyakit batuk biasa. Bisa jadi hal itu adalah indikasi jantung Anda yang bermasalah, penyebabnya adalah adanya timbunan cairan di paru-paru yang bisa berupa campuran antara darah serta dahak.
  • Sakit atau nyeri pada bagian dada
Jika setelah beraktivitas atau makan berat, Anda kerap merasakan tekanan pada dada, maka hal itu merupakan salah satu indikasi ciri ciri jantung tidak sehat. Nyeri atau sakit ini bukan terbentur, akan tetapi nyeri yang datang dari dalam tubuh kita yang asalnya dari saraf sekitar jantung
  • Denyut jantung tidak teratur
Denyut jantung tidak teratur atau berdenyut kencang dan tidak stabil, maka hal tersebut juga mengindikasikan ciri ciri jantung tidak sehat, sebaiknya segeralah memeriksakan kondisi jantung Anda demi kesehatan yang lebih baik.
  • Sering sakit kepala
Kurangnya asupan oksigen ke otak juga membuat kepala pusing. Sementara itu, jika jumlah zat tertentu dalam darah tidak terkendali, maka itu dapat menyebabkan kurang fokus dan tak heran jika beberapa orang tidak sadar bahwa dirinya menderita jantung lemah.
  • Kaki dan tangan bengkak
Jika kaki dan tangan Anda bengkak pemicunya mungkin karena terganggunya aliran darah ke ginjal sehingga memaksa organ tersebut memproduksi hormon lebih banyak, akibatnya terjadi penumpukan garam maupun air. Kaki bengkak juga bisa terjadi akibat aliran darah ke jantung menjadi terhambat, hal ini dikarenakan kondisi jantung yang lemah akan membuat darah menjadi lambat untuk menuju kesana.
  • Nafsu makan berkurang
Rata-rata penderita jantung lemah tidak memiliki nafsu makan dan berat badan ideal. Hal ini dikarenakan asupan darah sehat yang semestinya sampai ke organ pencernaan sedikit saja, sehingga kerap muncul sensasi kenyang walau mungkin belum makan sama sekali.
  • Mudah lelah, berkeringat, serta pingsan
Ketika jantung gagal berkontraksi sebagaimana mestinya, maka oksigen yang dibawa oleh darah tidak akan menyebar dengan baik ke seluruh jaringan dan organ tubuh. Hal ini menyebabkan fungsi organ dan jaringan tubuh menurun sehingga membuat seseorang mudah lelah dan mudah berkeringat bahkan sampai pingsan.
  • Tekanan darah tinggi atau rendah.
Penyakit jantung sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, kedua penyakit ini identik dengan kadar garam yang tinggi dalam tubuh. Namun, ciri ciri jantung yang tidak sehat juga ditandai dengan tekanan darah yang rendah. Hal ini terjadi karena fungsi pompa jantung yang lemah akan memiliki tekanan yang lemah juga.
  • Perut dan hati membesar
Timbunan cairan diperut atau paru-paru dapat membuat tubuh penderita jantung lemah terlihat kembung atau besar. Hal ini dikarenakan akibat aliran darah menuju jantung terhambat akibatnya terjadi bendungan pada organ hati serta penumpukan cairan pada perut.
  • Urat leher membesar
Ciri ciri jantung tidak sehat berikutnya adalah urat leher membesar, hal ini dikarenakan adanya tekanan pada vena jugularis (JVP). Pembuluh vena ini terletak di leher, sisi kiri dan kanan depan. JVP (Jugular Vein Pressure) yang meningkat terjadi akibat aliran darah dari daerah kepala menuju jantung terhambat sehingga banyak darah yang menumpuk.

Itulah beberapa ciri ciri jantung tidak sehat. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa ciri diatas, maka perikasakanlah kondisi Anda. Semakin cepat diketahuo dan ditangani maka hasilnya akan semakin baik. Jangan lupa untuk selalu kontrol kesehatan rutin agar dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Berikut akan kami sajikan beberapa tips untuk menjaga agar jantung tetap sehat.

Tips Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat
\
  1. Menjaga rutinitas fisik dan olahraga
  2. Menyeimbangkan jumlah kalori yang didapat dengan aktivitas fisik dan berolahraga
  3. Menurunkan berat badan jika terjadi obesitas
  4. Berhenti merokok dan menghindari orang yang meroko
  5. Mengontrol tekanan darah
  6. Mengontrol kadar gula dalam darah
  7. Mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, kolesterol, gula dan garam
  8. Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran
Dalam menjaga jantung, Anda tidak perlu menjalani semua tips ini secara bersamaan. Dua atau tiga diantaranya yang dilaksanakan secara rutin sudah sangat membantu mengurangi resiko datangnya penyakit jantung. Jadi tunggu apalagi? Jangan tunda memiliki tubuh sehat, lakukan mulai dari sekarang!

Waspada! Beberapa Tanda atau Ciri Ciri Jantung Tidak Sehat