2/28/18

Kenali 8 Ciri Ciri Penyakit Bronkitis Yang Sering Terjadi

ciri-ciri-penyakit-bronkitis

Ciri Ciri Penyakit Bronkitis - Hati-hati jika ada orang disekitar Anda atau jika Anda mengalami batuk yang tak kunjung sembuh disertai dengan keluarnya lendir berwarna kuning keabu-abuan! Bisa jadi itu merupakan salah satu gejala atau ciri ciri penyakit bronkitis. Penyakit ini tergolong berbahaya dan bisa menyerang pada siapa saja, kapanpun dan dimanapun, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Gejala atau ciri-ciri penyakit bronkitis akan sedikit berbeda tergantung dari tingkat penyakit bronkitis tersebut menyerang tubuhnya. Berikut beberapa gejala diantaranya:
  • Pilek. Batuk yang disertai pilek adalah salah satu dari gejala pertama penyakit bronkitis. Akan tetapi di karenakan pilek dan batuk sering datang secara bersamaan, banyak yang mengabaikan gejala ini dengan pemikiran bahwa batuk dan pilek adalah gejala batuk dan flu biasa.
  • Radang tenggorokan. Jika batuk anda tidak kunjung sembuh, maka tenggorakan pun akan mulai terasa nyeri. Rasa perih di tenggorokan dapat di lihat ketika menelan makanan. Penderita bronkitis akan mengalami kesulitan menelan makanan yang disebabkan oleh infeksi radang tenggorokan.
  • Batuk disertai demam bersuhu rendah. Ciri ciri penyakit bronkitis lainnya adalah tidak adanya demam tinggi yang berkepanjangan, akan tetapi ditandai dengan demam bersuhu rendah dan dalam jangka waktu yang lumayan singkat dan sering.
  • Nyeri di dada pada saat batuk. Pada penderita bronkitis dapat juga di tandai dengan raya nyeri dan sakit seperti terkena pukulan yang dashyat setiap kali Anda batuk.
  • Kedinginan. Selain demam bersuhu rendah yang sering menimpa penderita bronkitis, penderita juga dapat merasa kedinginan dan mengigil di malam hari, dan demam tersebut biasanya datang pada saat siang hari. 
  • Kelelahan. Penderita bronkitis dapat merasakan lelah yang berkepanjangan, walaupun mereka tidak melakukan aktifitas yang berat.
  • Sesak Napas. Bronkitis juga di tandai dengan sesak napas atau kesulitan bernapas. Hal tersebut di karena oleh infeksi yang menyerang tenggorokan menghambat udara untuk masuk ke dalam paru – paru yang merupakan organ pernafasan manusia.
  • Ingusan. Ingus adalah gejala lumrah ketika batuk, pilek atau pun flu. Akan tetapi yang biasanya pada penderita batuk biasa warna ingusnya bening maka pada penderita batuk bronkitis warna ingusnya adalah kuning atau hijau dimana menandakan adanya infeksi bakteri atau pun virus.
Ciri-ciri penyakit bronchitis yang paling umum adalah tidak punya nafsu makan dan mengalami demam. Kebutuhan energi yang meningkat tanpa disertai asupan makanan yang cukup tentu menyebabkan tubuh kekurangan energi. Pada orang yang kekurangan gizi, cadangan lemak dan karbohidrat mungkin tidak ada atau tidak mencukupi, sehingga tubuh terpaksa memecah protein dari jaringan otot, misalnya. Akibatnya, pasien akan semakin kurus karena kehilangan massa ototnya.

Ciri-ciri yang telah disebutkan di atas bisa menjadi penanda bagi seseorang untuk mendiagnosa penderita penyakit batuk bronkitis. Namun tetap perlu memeriksakan ke dokter untuk benar-benar memastikan apakah penyakitnya adalah batuk bronkitis atau bukan.

Diagnosa Penyakit Bronkitis

ciri-ciri-penyakit-bronkitis
Untuk memastikan diagnosis bahwa seseorang menderita penyakit bronkitis, tidak bisa hanya dilihat dari ciri-ciri penyakit bronkitis saja. Melainkan harus dilakukan pemeriksaan laboratorium, sehingga seseorang bisa diketahui dengan pasti apakah menderita bronkitis atau tidak. Pemeriksaan ini dilakukan dengan memeriksa dahak penderita ke laboratorium apakah mengandung kuman atau tidak. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan foto rontgen dada. 

Setelah memastikan apakah benar menderita bronkitis atau tidak maka dokter akan memberikan resep atau pengobatan selanjutnya. Jika menderita bronkitis akut maka dokter mungkin akan merekomendasikan untuk istirahat cukup, banyak minum air putih, dan aspirin untuk orang dewasa. Bagi penderita bronkitis kronis , maka pasien membutuhkan obat-obatan untuk membuka jalan udara dan membersihkan lendir. Pengobatan lainnya berupa terapi oksigen yang akan membantu untuk bernapas lebih lancar dan bisa menyediakan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kenali 8 Ciri Ciri Penyakit Bronkitis Yang Sering Terjadi