2/20/18

Kenali Gejala Stroke Serta Pengaruhnya Untuk Kesehatan

gejala-stroke

Gejala Stroke - Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan harus kita hindari. Mengingat banyaknya kasus serangan stroke yang terjadi maka menjadi hal penting bagi semua orang untuk mengetahui lebih dalam mengenai penyebab serta gejala stroke. Informasi dasar tentang gejala stroke akan membuat kita lebih berhati-hati dalam mencegah munculnya penyakit tersebut. Semakin dini stroke dikenali dan diobati, maka akan semakin besar kemungkinan untuk sembuh dan terhindar dari resiko kelumpuhan.

Gejala Stroke

Tiap bagian tubuh dikendalikan oleh bagian otak yang berbeda-beda sehingga gejala stroke akan tergantung kepada bagian otak yang terserang dan juga tingkat kerusakannya. Gejala stroke atau tanda tanda nya bervariasi pada tiap orang, namun umumnya muncul secara tiba-tiba.
  • Mati rasa atu lemah pada bagian wajah, lengan atau kaki terutama pada sisi tubuh.
Gejala awal orang yang terkena stroke biasanya akan memiliki bentuk mulut tidak rata. Perlu diwaspadai jika mereka yang dicurigai stroke mengalami kesulitan menggerakan lengan atau mengendalikan jari.
  • Sulit bicara
Seseorang yang mengalami stroke tiba-tiba mungkin akan mengalami masalah ketika berbicara, bahkan beberapa diantaranya juga mengalami penurunan pemahaman.
  • Sulit berjalan, kehilangan keseimbangan atau koordinasi
Berjalan seolah-olah mabuk, tersandung, atau bahkan jatuh merupakan gejala stroke. Tanda lainnya yaitu berjalan dengan kaki terbuka lebar atau tiba-tiba kehilangan kemampuan motorik halus.
  • Penglihatan mendadak kabur
Gangguan penglihatan yang datang secara tiba-tiba merupakan gejala stroke selanjutnya. Mereka mungkin tidak akan mampu melihat dengan jelas dengan satu maya atau mungkin mengalami kesulitan untuk melihat kekanan dan kekiri.
  • Sakit kepala tiba-tiba
Jika leher kaku, nyeri pada wajah, atau muntah disertai dengan sakit kepala secara tiba-tiba maka juga perlu diwaspadai.

Pemicu Munculnya Gejala Stroke
Gejala stroke dapat menyerang beberapa kalangan, termasuk usia muda juga memiliki resiko atau berpeluang besar terkena serangan penyakit mematikan ini. Menurut penelitian terdapat beberapa golongan orang yang beresiko terkena penyakit stroke, diantaranya:
  1. Orang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa memicu munculnya komplikasi stroke akibat tekanan pada pembuluh darah yang cenderung meningkat.
  2. Akibat kadar gula darah yang meningkat
  3. Kenaikan kadar kolesterol dalam darah
  4. Riwayat dari orang tua yang terkena stroke
  5. Faktor pola makan yang tidak sehat. Banyaknya jenis makanan instan, makanan berformalin, dan makanan yang mengandung zat kimia dapat menjadi bahaya serius yang memicu munculnya gejala stroke.
  6. Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Kebiasaan buruk ini dapat mempercepat pengentalan darah hingga aliran darah ke otak menjadi terhambat. 
Bahaya Penyakit Stroke Bagi Tubuh Manusia Yang Perlu Diwaspadai

gejala-stroke
Orang yang terkena stroke ringan pada sembilan tahun pertama diprediksi memiliki resiko harapan hidup lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak pernah mengalaminya. Hal tersebut berdasarkan data bahwa sekitar 4 dari 10 orang yang terkena stroke ringan kemudian menderita stroke yang sebenarnya. Yang lebih mengkhawatirkan adalah setengah dari kasus stroke sebenarnya itu terjadi dalam kurun waktu 48 jam setelah stroke ringan.

Meski stroke ringan menyerang dalam waktu yang relatif singkat, kondisi ini bisa secara mudah berujung pada stroke sebenarnya sehingga berdampak permanen. Kondisi yang lebih parah bisa terjadi jika gejala stroke ringan tersebut tidak terdeteksi sehingga terjadi pembiaran. Maka kerusakan otak yang disebabkannya dapat memicu komplikasi berupa penglihatan yang kabur, gangguan kognitif dan demensia.

Persentase risiko di atas kemungkinan bertambah jika mengingat masih minimnya kewaspadaan masyarakat awam terhadap gejala serangan stroke. Ternyata menurut sebuah penelitian terdapat lebih dari 68 dari 100 orang yang tidak mengenali seperti apa gejala stroke ringan. Ditambah lagi, menurut survei, hampir 75 persen dari mereka yang sadar akan gejala stroke ringan tidak akan langsung ke rumah sakit untuk diperiksa.Yang lebih parah, lebih dari 65 persen orang belum pernah mendengar mengenai penyakit TIA atau stroke ringan sama sekali. Padahal banyak orang yang berisiko mendapatkan stroke ringan tanpa mereka sadari.
Mengingat dampaknya yang bisa mematikan, seseorang harus segera mendapatkan pemeriksaan medis jika terkena stroke.Mintalah pengecekan menyeluruh terkait sistem peredaran darah untuk memastikan saluran darah mana yang menyempit. Segera jalani gaya hidup sehat agar risiko terkena penyakit ini menjadi terminimalisir. Berhenti merokok, batasi konsumsi makanan berkolesterol, tidak mengonsumsi alkohol, dan rutin berolahraga adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjauhkan diri dari stroke. Pastikan juga cukup mengonsumsi buah dan sayur, menjaga berat badan sehat, serta mengelola diabetes dengan baik untuk menghindari penyakit ini.

Kenali Gejala Stroke Serta Pengaruhnya Untuk Kesehatan