2/28/18

Komplikasi Bronkitis Kronis Yang Dapat Mengancam Nyawa!

komplikasi-bronkitis-kronis

Komplikasi Bronkitis Kronis - Penyakit bronkitis atau sering juga disebut dengan penyakit paru-paru basah merupakan penyakit yang disebabkan oleh terjadinya peradangan pada selaput lendir yang ada dalam saluran bronkial paru-paru. Penyakit bronkitis dapat dikatakan kronis jika gejala batuk yang bertahan hingga 2-3 bulan setiap tahun untuk paling sedikit dua tahun. Umumnya penyakit ini menyerang lebih banyak wanita daripada pria dan dapat mengenai pasien pada usia berapapun.

Ketika gejala dari penyakit ini muncul, seorang penderita penyakit bronkitis akan merasakan kondisi yang tidak nyaman, belum lagi batuk berdahak yang dihembuskan seringkali menimbulkan nyeri dibagian tenggorokan. Selain itu juga penderita bisanya akan mengalami demam ringan, sesak nafas serta mudah merasa lelah.

Pemicu Munculnya Penyakit Bronkitis Kronis
Penyebabnya bisa jadi dipengaruhi oleh agen infeksi seperti mikroorganisme yakni bakteri dan virus atau agen partikel berbahaya yang tersebar diudara. Bila partikel ini masuk kedalam sistem pernafasan lewat hidung, maka akan semakin mudah mencemari paru-paru dan terjebak didalamnya. Yang pada akhirnya kinerja paru-paru menjadi lebih berat dan membuatnya lebih rentan terkena infeksi.

Bahaya Komplikasi Bronkitis Kronis

komplikasi-bronkitis-kronis
Penyakit bronkitis yang terlambat diketahui dan ditangani tentunya akan berdampak pada buruknya keadaan bronkitis seseorang. Bronkitis ringan yang mungkin diderita pada awal gejala dianggap sebagai penyakit sederhana, namun apabila sudah masuk dalam gejala bronkitis kronis dan berlangsung lama, tentunya akan berdampak buruk dan terjadi komplikasi penyakit lainnya yang lebih berbahaya. 

Salah satu dari beberapa komplikasi penyakit bronkitis baik itu pada anak ataupun pada orang dewasa yang sering muncul adalah pneumonia. Bahkan menurut data kesehatan terdapat sekitar 5% penderita penyakit bronkitis yang mengalami gangguan infeksi sekunder pada salah satu atau bahkan kedua paru-parunya. Pneumonia adalah salah satu jenis infeksi yang terjadi dan menyerang kantong-kantong udara alveoli. Selain penderita bronkitis, yang mempunyai resiko terkena penyakit pneumonia adalah orang lansia yang memiliki kebiasaan merokok atau mempunyai riwayat penyakit lain seperti jantung dan ginjal

Selain pneumonia, berikut beberapa jenis bahaya komplikasi bronkitis kronis, diantaranya:
  • Pleuritis dan efusi pleura, yang dapat terjadi bersamaan dengan timbulnya pneumonia.
  • Mudah terserang infeksi. Pada komplikasi bronkitis kronik, sistem pernapasan mengalami penurunan fungsi sehingga pasien rentan mengalami infeksi.
  • Bila dahak tetap tinggal, dapat terjadi atelektasis atau bronkiektasis.
  • Abses metastasis diotak, akibat dari septikemi yang disebabkan oleh kuman penyebab infeksi supuratid pada bronkus
  • Haemaptoe yang terjadi akibat dari pecahnya pembuluh darah cabang vena (arteri pulmonalis), cabang arteri (arteri bronchialis atau anastomisi pembuluh darah).
  • Sinuitis
  • Gagal nafas, komplikasi yang paling berat dan luas sehingga diperlukan pengobatan bronkitis yang lebih mendalam
Komplikasi bronkitis kronis tersebut memiliki progres buruk yang dapat berujung pada kematian. Maka dari itu, mengapa perlu adanya perhatian dan penanganan khusus bagi penderitanya, karena jika tidak segera ditangani dengan cepat maka penyakit tersebut akan meningkatkan resiko berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Komplikasi Bronkitis Kronis Yang Dapat Mengancam Nyawa!