2/11/18

Jenis Makanan Sumber Asam Folat untuk Bayi

Makanan Sumber Asam Folat untuk Bayi - Tahukah Anda apa itu asam folat? Asam Folat atau yang juga dikenal dengan vitamin B9 merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Seperti semua vitamin B, asam folat memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf, serta membantu mengolah lemak dan karbohidrat dalam tubuh. Penelitian juga membuktikan bahwa jenis asam ini sangat penting untuk pertumbuhan dan regenerasi sel, pembentukan sel darah merah, serta perbaikan DNA. 

makanan-sumber-asam-folat-untuk-bayi

Pentingnya Asam Folat Bagi Bayi

Secara umum manfaat asam folat untuk bayi yaitu untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf, pembentukan sel darah merah dan pembentukan sumsum tulang belakang. Selain itu juga asam folat berperan penting dalam memperbaiki dan menjaga kinerja sistem DNA atapun RNA pada bayi. Maka dari itu ibu hamil harus mencukupi kebutuhan asam folatnya dengan baik. Berikut beberapa peranan penting asam folat bagi tubuh:
  • Proses pembentukan sel-sel tubuh sekaligus sel pembawa kode genetik berjalan dengan baik.
Asam folat berkolaborasi dengan vitamin B12 dan vitamin C untuk membantu tubuh dalam memecah, menggunakan sekaligus membentuk protein baru. Senyawa protein ini akan membantu pembentukan sel darah merah dan memproduksi DNA, membangun fondasi dasar tubuh yang membawa informasi genetik seseorang. Selain memproduksi DNA, asam folat juga berperan dalam memperbaiki DNA dan RNA serta membantu pembelahan dan pertumbuhan sel yang cepat.
  • Menghindari Anemia
Tanpa asam folat yang cukup maka produksi sel darah merah akan selalu dibawah normal sehingga Anda mudah mengidap anemia.
  • Mencegah bayi terlahir cacat.
Pembentukan saraf pusat sudah dilakukan sejak awal manusia dibentuk dalam kandungan. Asam folat sangat berpengaruh untuk mencegah terjadinya kecacatan pada otak (anensefali) ataupun gangguan susunan saraf pusat (spina bifida). Nutrisi ini juga berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA dan fondasi sel-sel tubuh yang akan mempengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin. Jadi, ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan asam folat untuk menghindari bayi terlahir dalam keadaan cacat.

Hati-hati Pada Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat Bisa Mengakibatkan Keguguran !!!

Makanan Sumber Asam Folat Untuk Bayi

makanan-sumber-asam-folat-untuk-bayi

Anak yang masih mendapatkan ASI ekslusif tentunya bisa mendapatkan asam folat dari ASI ibunya, sehingga ibunya harus memperhatikan menu harian dan memastikan asupan folat tercukupi. Namun jika bayi sudah mengenal makanan selain ASI, ibu harus benar-benar jeli memiliki makanan yang kaya akan asam folat bagi pemenuhan kebutuan asam folatnya. Berikut makanan sumber asam folat untuk bayi:

1. Buah yang mengandung Asam Folat tinggi
  • Alpukat, memiliki kandungan asam folat sebesar 90 mcg atau setara dengan 22% kebutuhan harian.
  • Pepaya, memiliki kandungan 115 mcg dan lebih tinggi daripada buah yang lainnya.
  • Jeruk, selain kaya akan vitamin C juga mengandung asam folat kurang lebih 50 mcg dalam satu butirnya. 
  • Stroberi, memiliki kandungan 25 mcg dalam satu cangkir jus stroberi.
  • Raspberi, mengandung 14mcg dan meskipun kadarnya sedikit namun Anda dapat memenuhi kebutuhan harian dengan variasi bahan seperti raspberi.
2. Sayuran yang mengandung Asam Folat tinggi
  • Bayam, dalam satu cangkirnya menghasilkan 263 mcg asam folat.
  • Asparagus, selain mengandung vitamin A, C, dan K yang baik untuk kesehatan, juga mengandung asam folat yang tinggi yaitu 262 mcg dalam secangkirnya.
  • Jagung, mengandung asam folat 76 mcg dalam satu cangkir jagung rebus.
  • Kentang, mengandung asam folat 30mcg.
3. Makanan lain yang mengandung Asam Folat tinggi
  • Roti dan Sereal.
  • Biji Bunga Matahari, yaitu mengandung 82% mcg
  • Hati sapi, dapat memenuhi kebutuhan asam folat sebanyak 70% dari 100gr hati sapi, akan tetapi konsumsinya tetap dibatasi dikarenakan tidak baik bagi kehamilan.
Jumlah Asam Folat Yang Dibutuhkan Bagi Tubuh
  • Untuk balita dan anak-anak membutuhkan 100-150 mcg asam folat setiap hari. 
  • Untuk remaja dan dewasa membutuhkan asam folat 150-350 mcg setiap hari.
  • Jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil, ambillah 0.4mg (400 mikrogram) suplemen asam folat setiap hari dari saat Anda berhenti menggunakan kontrasepsi sampai 12 minggu kehamilan.
  • Jika Anda memiliki riwayat keluarga spina bifida (dikenal sebagai cacat tabung saraf), Anda mungkin perlu mengambil 5mg asam folat setiap hari sampai 12 minggu kehamilan. Biasanya akan diresepkan oleh dokter jika anda berkonsultasi terlebih dahulu.
Bagaimana Mencukupi Asam Folat Untuk Bayi?
Agar Kebutuhan tubuh akan asam folat tercukupi, jangan terpaku hanya pada satu sumber. Mengonsumsi makanan yang bervariasi akan lebih baik karena juga bisa mencegah kebosanan. Konsumsi makanan mengandung asam folat dengan variasi berbeda juga tidak berbahaya bagi tubuh. Karena meski terdapat tingkat asam folat yang berlebihan pada tubuh, akan segera dikeluarkan oleh tubuh melalui urine.

Ternyata cukup banyak makanan yang kaya akan asam folat. Ibu bisa memberikan menu yang bervariasi juga bagi si kecil agar ia mau makan dengan lahap. Selain itu, bila ibu sedang hamil atau menyusui,maka ibu perlu juga mengonsumsi makanan asam folat agar janin atau bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Jenis Makanan Sumber Asam Folat untuk Bayi