2/19/18

Penyebab Jantung Tersumbat Dan Cara Pencegahannya

Penyebab Jantung Tersumbat - Sejak kita dilahirkan ke dunia pembuluh darah yang kita miliki masih dalam keadaan bersih. Namun, seiring berjalannya waktu tanpa kita sadari kita telah mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat seperti mie instan, makanan yang mengandung pengawet, penyedap rasa, serta makanan yang mengandung lemak tinggi. Semakin lama kita tidak menjaga asupan makanan, maka akan membuat pembuluh darah kita menjadi kotor dan kotorannya lama kelamaan akan mengendap menjadi plak yang membuat peredaran darah menjadi tidak lancar bahkan mengalami penyumbatan.

penyebab-jantung-tersumbat
Pembuluh darah yang tersumbat akibatnya bisa fatal hingga mengancam nyawa Anda! Hal ini diakibatkan oleh kurangnya pasokan aliran darah pada otot jantung. Pembuluh darah yang mengalami penyumbatan bisa terjadi di semua bagian tubuh, namun yang lebih membahayakan adalah jika penyumbatan terjadi pada jantung dan otak. Jika terjadi di pembuluh darah jantung maka akan menyebabkan serangan jantung (infark), sementara jika terjadi di daerah leher hingga otak maka akan menyebabkan stroke. Penyumbatan lainnya juga bisa terjadi di daerah kaki serta ginjal yang akan menyebabkan gagal ginjal.

Penyebab Jantung Tersumbat

Tahukah Anda apa penyebab utama dari jantung tersumbat ini? Penyebab utamanya adalah plak. Plak adalah sampah dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Jika pembuluh darah diibaratkan sebuah pipa, pembuluh darah merupakan bagian yang paling penting dalam menyalurkan air, nutrisi, oksigen dan berbagai elektrolit yang dibutuhkan oleh sel dan organ tubuh, serta membawa zat hasil sisa metabolisme. Aliran darah dalam pembuluh darah akan terganggu jika ada endapan lemak atau kolesterol yang menempel di dinding pembuluh darah. Semakin lama mengendap maka plak akan semakin banyak dan saluran darah semakin sempit. Akibatnya lapisan endotel pun bisa menjadi rapuh. Bila lapisan endotel pecah maka akan terjadi penggumpalan darah pada area tersebut, hingga menyumbat total peredaran pada pembuluh darah.

Semua orang akan mengalami penyempitan pembuluh darah, karena hal ini merupakan proses degeneratif seiring bertambahnya umur seseorang. Tapi, jika seseorang itu menjalani pola hidup sehat, kondisi itu mungkin baru terjadi pada usia 80-90 tahun. Pentingnya mengetahui beberapa faktor risiko yang menjadi penyebab jantung tersumbat, tentunya sangat wajib. Hal ini untuk membantu tindakan pencegahan sebelum hal hal yang tidak diinginkan terjadi.

Faktor Resiko Penyebab Jantung Tersumbat
  • Kadar Kolesterol Tinggi
Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks yang secara alamiah dihasilkan tubuh dan bermanfaat bagi pembentukan dinding sel dan hormon. Dua pertiga kolesterol diproduksi oleh hati, sepertiga lainnya diperoleh langsung dari makanan. Kolesterol diedarkan darah melalui molekul yang disebut lipoprotein. Ada dua jenis lipoprotein yaitu LDL (low-density lipoprotein) dan HDL (high-density lipoprotein). LDL mengangkut kolesterol dari hati ke sel-sel tubuh. sedangkan HDL mengangkut kelebihan kolesterol ke hati untuk diolah dan dibuang keluar. LDL yang berlebihan akan menyebabkan penumpukan kolesterol pada dinding arteri hingga aliran darah menjadi tersumbat
  • Tekanan Darah Tinggi/Hipertensi
Tekanan darah yang tinggi akan menambah kerja jantung sehingga dinding jantung menjadi menebal/kaku dan meningkatkan risiko penyakit jantung tersumbat
  • Trombosis
Adalah gumpalan darah pada arteri atau vena. Bila trombosis terjadi pada pembuluh arteri koroner, maka Anda beresiko terkena penyakit jantung koroner.
  • Penuaan
Resiko jantung tersumbat akan meningkat seiring usia. Semakin tua, semakin menurun efektivitas organ-organ tubuh, termasuk sistem kardiovaskulernya. Lebih dari 80% penderita jantung koroner berusia diatas 60 tahun dan cenderung menyerang laki-laki.
Keturunan
  • Kegemukan/Obesitas
  • Diabetes Melitus
Tahukah Anda, Kebiasaan Merokok Juga Bisa Menyebabkan Resiko Terkena Penyumbatan Jantung?
penyebab-jantung-tersumbat
Sebagaimana menjadi penyebab kanker, merokok akan memperngaruhi arteri yang memasok darah ke jantung dan bagian-bagian tubuh lainnya. Hal ini tentunya akan mengurangi jumlah oksigen di dalam darah dan merusak dinding arteri. Merokok membuat darah menjadi lengket dan menyebabkan sel-sel darah menggumpal. Hal ini akan memperlambat aliran darah arteri dan akan lebih sering  terjadi penyumbatan dan meluas. Sumbatan inilah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Tips cara Mencegah Jantung Tersumbat
  • Meskipun tidak dapat melawan penuaan dan mempengaruhi garis keturunan, Anda dapat melakukan hal berikut untuk mencegah dan mengurangi resiko penyebab jantung tersumbat:
  • Mengurangi konsumsi daging dengan berlemak jenuh tinggia
  • Memperbanyak makan buah, sayuran dan biji-bijian yang mengandung antioksidan tinggi (vitamin A, C, dan E).
  • Menghindari stress, karena stress dapat menimbulkan ketidakseimbangan fungsi tubuh
  • Menghindari kebiasaan merokok
  • Menghindari konsumsi alkohol dan kafein
  • Rajin berolahraga. Minimal 30 menit setiap hari, 3-4 kali dalam seminggu
  • Mengonsumsi herbal yang membantu dalam proses penyembuhan jantung.

Penyebab Jantung Tersumbat Dan Cara Pencegahannya