2/28/18

Inilah Penyebab Penyakit Bronkitis Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Penyakit Bronkitis - Pada umumnya, bronkitis akut disebabkan oleh virus dan sebagian besar di antaranya disebabkan oleh virus juga menyebabkan pilek dan flu. Lalu seberapa bahayakah virus tersebut? Dan bagaimana cara virus tersebut masuk untuk menginfeksi ke dalam paru-paru? Yuk, kita simak penjelasan berikut.

penyebab-penyakit-bronkitis

Bronkitis adalah infeksi pada saluran pernapasan utama dari paru-paru atau bronkus yang menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran tersebut. Kondisi ini termasuk sebagai salah satu penyakit pernapasan. Penyakit ini termasuk dalam jenis penyakit yang mudah menular melalui polusi udara seperti bersin, flu bahkan pori-pori kulit. Biasanya bronkitis bersifat ringan dan seiring berjalannya waktu bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi pada penderita berusia lanjut dan yang memiliki penyakit menahun seperti jantung atau paru-paru, bronkitis bisa menjadi penyakit yang serius.


Penyebab Penyakit Bronkitis

Bronkus adalah saluran udara pada sistem pernafasan yang membawa udara ke patu-paru dan sebaliknya. Dinding bronkus menghasilkan mukosa atau lendir untuk menahan debu dan partikel lain yang bisa menyebabkan iritasi agar tidak masuk kedalam paru-paru.

penyebab-penyakit-bronkitis
Umumnya penyakit bronkitis disebabkan oleh infeksi dari virus dan paling sering disebabkan oleh virus yang menjadi penyebab pilek dan flu. Virus ini dapat terhirup ketika tertahan di udara, dan terkandung didalam jutaan tetes dikeluarkan dari dalam hidung atau mulut ketika seseorang sedang bersin atau batuk. Selain itu virus penyebab penyakit bronkitis ini juga dapat menempel pada permukaan benda apa saja dan dapat bertahan selama satu hari. Seseorang bisa terinfeksi oleh virus ini jika menyentuh benda yang telah terkontaminasi dan meletakannya di dekat mulut ataupun hidung.

Faktor lain yang menjadi penyebab penyakit bronkitis, diantaranya:
  • Perokok Aktif. Merokok merupakan penyebab utam dari penyakit bronkitis. Seseorang yang memiliki kebiasaan merokok atau tinggal di lingkungan orang-orang yang merokok (perokok pasif) sangat rentan untuk menderita bronkitis.
  • Lingkungan Kerja. Selain infeksi dan juga merokok, bronkitis juga bisa disebabkan oleh lingkungan kerja yang tidak sehat. Kondisi ini sering disebut dengan bronkitis okupasi yang disebabkan oleh unsur iritasi di lingkungan kerja seperti serat kain, amonia, serpihan debu dan juga klorin.
  • Polusi Udara Kotor. Polusi udara dapat dihirup jika kita sedang melakukan kegiatan atau aktivitas luar secara tak sadar. Udara kotor inilah yang dapat meningkatkan resiko kita terkena penyakit bronkitis.
Lalu bagaimana cara penularan penyakit bronkitis ini?
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa penyakit bronkitis ini merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh serangan virus yang kemudian meradang karena dibiarkan terlalu lama dan juga biasanya penyakit ini membutuhkan waktu lama untuk menyembuhkannya. Perlu Anda ketahui, bahwa semua penyakit yang disebabkan oleh serangan virus itu biasanya menular dan salah satunya  adalah penyakit bronkitis akut. Oleh karena itu Anda harus tetap waspada agar terhindar dari penyakit bronkitis.
  • Untuk penularannya hampir sama dengan penyakit yang disebabkan oleh virus lainnya, diantaranya:
  • Melalui bersin atau batuk penderita bronkitis
  • Makanan atau minuman bekas penderita bronkitis
  • Melalui partikel kecil
  • Menyisih hidung
Penting bagi kita semua untuk mengetahui penyebab penyakit bronkitis serta resiko bahayanya bagi kesehatan. Pencegahan sejak dini pun perlu dilakukan, tak hanya itu juga pentingnya peran orang tua atau keluarga juga sangat diperlukan dalam proses pencegahannya. Jika Anda mengalami gejala bronktis dan didiagnosa positif terkena penyakit ini maka segeralah lakukan penanganan yang cepat. Jangan sampai menunda keadaan semakin parah dan menyebabkan komplikasi bahaya penyakit lainnya yang mematikan.

Ayo, mulai dari sekarang ubahlah pola hidup Anda. Hindari berbagai penyebab penyakit bronkitis agar tidak terkena penyakit berbahaya ini. Lakukan kebiasaan cuci tangan sebelum makan, dan hindari makanan yang kurang sehat. Sebaiknya perbanyak konsumsi buah serta sayuran diimbangi dengan olahraga yang teratur.

Inilah Penyebab Penyakit Bronkitis Yang Harus Diwaspadai