3/1/18

Cara Mencegah Penyakit TBC & Pengobatannya Secara Alami

Mencegah Penyakit TBC - Penyakit TBC (Tuberkulosis) atau yang sering dikenal dengan TB, merupakan salah satu penyakit menular berbahaya di dunia. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis dimana bakteri ini dapat menular dan paling mudah melalui udara.  Penyakit ini masuk kedalam penyakit yang menyerang paru-paru dan sifatnya mematikan. Bahkan tak hanya paru-paru, susunan saraf pusat (otak), ginjal, sendi, tulang dan bagian tubuh lainnya pun bisa terserang.

mencegah-penyakit-tbc

Mengingat penyakit TBC merupakan penyakit yang menular tentunya sangat penting sekali bagi kita untuk harus waspada terhadap penularan penyakit TBC ini. Selain dengan mengetahui apa saja penyebab dari penyakit ini, kita juga harus tahu bagaimana cara mencegah penyakit TBC. Namun, sebelumnya kita akan simak dulu, bagaimana sih cara penularan penyakit TBC ini? Berikut penjelasannya.

Penularan Penyakit TBC
Penyebaran virus oleh penderita TBC dapat disebarkan melalui udara, batuk, flu dan pilek, bersin, ataupun cipratan ludah sedikit saja dari penderita TBC, Anda bisa terkena virus tersebut. Penyakit TBC memang menular, tapi tidak secara langsung. Biasanya ketika Anda banyak menghabiskan waktu disekitar orang yang menderita TBC, lambat laun bisa terserang tergantung dari kondisi kebersihan dan kesehatan tubuh masing-masing.

Terdapat beberapa faktor yang menentukan seseorang dapat tertular TBC atau tidak, yaitu bergantung pada:
  1. Jumlah organisme/bakteri yang keluar
  2. Konsentrasi/jumlah bakteri dalam udara
  3. Lama waktu terpapar bakteri
  4. Daya tahan tubuh dari individu

Cara Mencegah Penyakit TBC

Di Indonesia, penyakit TBC masih merupakan penyakit epidemiologi sehingga jumlah penderita TBC masih sangat banyak dan berpotensi untuk terus menularkan bakteri TBC.  Mencegah penyakit TBC bukan berarti kita harus menjauhi atau mengucilkan penderita TBC, karena Anda tidak akan tertular jika hanya sekedar berjabat tangan atau berbagi makanan dengan penderita TBC. Berikut beberapa tips cara mencegah penyakit TBC:
  • Menghindar dari penderita TBC
Untuk mencegah penyakit TBC, Anda harus berusaha agar tidak berdekatan dan berkomunikasi dengan pengidap TBC. Jika Anda terpaksa berhubungan dengan orang yang mengidap TBC misalnya seorang perawat atau bekerja pada perawatan pasien TBC, Anda bisa gunakan masker agar bakteri tidak terhirup.
  • Vaksinasi BCG
BCG (Bacille Calmette-Guerin) adalah vaksin yang digunakan sebagai cara mencegah penyakit TBC secara efektif. Biasanya vaksin ini diutamakan untuk anak kecil. Namun begitu, vaksin ini tidak direkomendasikan untuk dijadikan imunisasi rutin. 
  • Makan makanan sehat
Diantaranya dengan mengkonsumsi makanan bergizi  seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan daging tanpa lemak. Hindari makanan cepat saji, sebaiknya lebih sering konsumsi makanan rumahan yang dibuat sendiri di rumah. 
  • Rajin berolahraga secara teratur
Dengan rajin berolahraga maka badan akan terasa sehat dan bugar. Ketika tubuh sehat, maka kita bisa saja memiliki antibody yang cukup dalam mencegah masuknya penyakit yang akan menyerang kita nantinya. Selain itu juga dengan berolahraga maka aliran darah dalam tubuh akan lancar, sehingga terhindar dari malnutrisi dalam tubuh kita dan kitapun akan terbebas dari penyakit apapun.
  • Menjaga kebersihan lingkungan
Lingkungan kotor merupakan tempat bersarangnya kuman, semakin tidak dibersihkan maka udara pun akan ikut tercemar dan kotor, hal ini tentunya paru-paru tidak akan mendapatkan udara yang bersih, dan akhirnya virus pun dapat dengan mudah masuk dalam tubuh kita. Maka dari itu selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar kita agar terhindar dari berbagai kuman penyebab penyakit.
  • Mendapat sinar matahari
Perlu diketahui, penyakit TBC sangat takut sekali dengan oksigen atau udara yang bersih. Biasakan untuk rajin bangun pagi dan menikmati sinar matahari pagi. Dengan udara yang segar dan hangatnya sinar matahari maka kita pun akan terhindar dari penyakit TBC. 
  • Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol
Rokok mengandung beberapa senyawa yang tidak baik untuk tubuh, termasuk dapat merusak paru-paru. Selain rokok, Anda juga harus menghindari alkohol. Jika Anda tetap melakukan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebih maka resiko tertularpun akan semakin tinggi.
  • Melakukan tes
Cara mencegah penyakit TBC selanjutnya adalah dengan melakukan tes, terlebih jika Anda sudah positif TBC laten. Penanganan yang lebih cepat tentunya akan meminimalisir terjadinya resiko penyakit TBC kronis.
  • Istirahat yang cukup
Sebisa mungkin untuk mendapatkan istirahat yang cukup,khususnya bagi Anda para pekerja keras. Karena dengan tidur dan istirahat yang cukup maka dapat memberikan kekuatan dan kesehatan pada tubuh Anda sehingga tidak mudah terserang virus ataupun bakteri penyebab TBC.

Beberapa langkah mencegah penyakit TBC diatas tersebut cukuplah penting dilakukan. Langkah pencegahan memang menjadi langkah yang paling utama daripada mengobati. Semoga dengan informasi pencegahan tersebut bisa menyadarkan kita semua akan pentingnya kesehatan tubuh.

Pengobatan Penyakit TBC Secara Alami
Beberapa jenis bahan alami yang tersedia di sekitar kita, dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit TBC. Berikut cara menggunakan bajan alami sebagai obat TBC:
  1. Daun legundi. Caranya rebus 3/5 genggam daun legundi, bersama 3 gelas air. Tunggu hingga airnya tersisa 3/4 gelas saja. Tambahkan madu murni, lalu minum ramuan ini setelah disaring dan dingin. Minum 3 kali dalam sehari secara rutin.
  2. Biji pronowijo. Seduh 3/4 sendok teh bubuk biji pronowijo bersama 1/2 cangkir air panas. Tambahkan 1 sdm madu murni. Lalu minum selagi hangat pada pagi, siang dan malam hari secara rutin. 
  3. Getah bambu. Caranya pilih bambu tali yang umurnya tidak terlalu tua maupun muda. Potong pucuk bambu tersebut, kemudian bungkus dengan plastik. Lakukan caraini saat sore hari, selanjutnya ambil getah bambu saat pagi hari. Minum 3 gelas airnya setiap hari.
  4. Kembang sepatu. Caranya cuci 3 kuntum bunga sepatu, kemudian tumbuk hingga lembut. Tambahkan 1/2 gelas air masak, lalu peras dan saring. Campur air perasan tersebut dengan 1 sdm madu dan minum secara rutin 3 kali sehari.
  5. Bunga tembelekan. Ambil 6-10 gram bunga tembelekan bersama 3 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa setengah dari semula. Setelah airnya menjadi dingin, saring dan minum 3 kali sehari secara rutin.
Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu proses penyembuhan penyakit TBC Anda. Selain itu juga imbangi dengan pola hidup yang sehat serta jangan menyerah untuk sembuh. 

Cara Mencegah Penyakit TBC & Pengobatannya Secara Alami